Rabu, 26 Desember 2012

Marketing Strategy NISSAN Grand Livina


MARKETING STRATEGY


PT NISSAN MOTOR INDONESIA DALAM PELUNCURAN PRODUK BARU MPV GRAND LIVINA.

Pendahuluan

            PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menegaskan strateginya untuk terus berkembang dipasar otomotif indonesia, dengan didukung oleh produk-produk baru dan investasi lokal. Sejak tahun 2001 potensi pasar Nissan di Indonesia semakin berkembang secara signifikan. Nissan secara progresif telah mengembangkan berbagai produk yang dapat diterima oleh pelanggannya di Indonesia misalnya Nissan X-Trail dan Teranno, disegmen SUV, Serena (MPV), sedan Teana dan Hatchback Latio.

Indomobil Group yang merupakan mitra dari PT Nissan Motor Indonesia bersama-sama pada tanggal 5 April 2007 secara resmi meluncurkan produk terbarunya dikelas Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Nissan Grand Livina. Kendaraan MPV medium untuk tujuh penumpang (7-seater) ini menggunakan mesin 1,5 L dan 1,8 L Grand Livina didesain dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang spesifik, yang merupakan produk andalan utama untuk kategori mobil keluarga di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV)

Harga yang ditawarkan mulai Rp 138,5 juta hingga Rp 203,5 juta. Presiden Direktur NMI, Norio Ota mengatakan, pihaknya mencanangkan target penjualan Livina ditahun 2007 sebanyak 12 ribu unit dari total penjualan produk Nissan 21 ribu unit. Sedangkan untuk tahun 2008, NMI menargetkan penjualan produk Nissan sebesar 40 ribu unit dan berharap Grand Livina, dapat memberikan kontribusi sebesar 60% dari total penjualan tersebut.

Pasar mobil keluarga yang dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak merupakan pasar dengan permintaan potensial yang sangat besar, dengan penguasaan pasar mencapai 75% dari total pasar mobil secara keseluruhan. Hal ini telah membuat banyak produsen mobil berlomba-lomba untuk merebut “market share” MPV. Mengutip data penjualan mobil secara nasional bulan april tahun 2007, mayoritas dikuasai oleh jenis MPV, penjualan mini-MPV sekitar 36 ribu unit, MPV 14 ribu unit, SUV (sport utility vehicle) 8.200 unit.

Dengan tujuan varian yang diluncurkan dalam pasar mobil keluarga, dan harga yang kompetitif, maka dapat diharapkan Grand Livina akan bersaing ketat dengan pesaing diantaranya, Kijang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova masih menguasai pasar jenis ini dengan penguasaan pasar sebesar 80%.

Identifikasi masalah:

Dari uraian diatas, masalah yang dapat diidetifikasi adalah bagaimana strategi Nissan Grand Livina untuk menembus dominasi Toyota dalam pasar MPV pada segmen pembeli yang berorientasi pada keluarga (Family Oriented Buyers)?

Tugas Saya :
1)      Fakta-fakta apa yang diperlukan sehingga menyebabkan PT Nissan Motor Indonesia memproduksi Grand Livina.
2)     Segmentasi Pasar
3)     Analisis Strategi Nissan Grand Livina
4)     Strategi yang diimplementasikan
5)     Analisa SWOT
6)     Rekomendasi, apakah sudah tepat strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda dan setujukah saudara bahwa penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L dapat menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara keseluruhan?


JAWABAN :
1)   Fakta-fakta apa yang diperlukan sehingga menyebabkan PT Nissan Motor Indonesia memproduksi Grand Livina.

Sejak tahun 2001 potensi pasar Nissan di Indonesia semakin berkembang secara signifikan.
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi meluncurkan New Grand Livina model terbaru tahun 2012. Kendaraan multi purpose vehicle (MPV) yang telah dipasarkan sejak 2007 itu tampil dengan desain khusus yang berbeda dari pendahulunya.
“Hingga sekarang, apresiasi publik terhadap Grand Livina masih sangat baik bahkan cenderung meningkat,” kata Kintaro Izumida, Presiden Direktur NMI, dalam siaran persnya yang diterima KONTAN, Jumat (31/8).
Perlu diketahui, Grand Livina merupakan tulang punggung penjualan Nissan di Indonesia dengan kontribusi penjualan sebesar 60% dari total penjualan. “Hal ini mendorong kami terus melakukan penyempurnaan tampilan beserta fitur guna memberikan kepuasan kepada calon konsumen Grand Livina di Indonesia,” terang Izumida.
New Grand Livina model tahun 2012 itu dipasarkan di Indonesia dengan pilihan 6 varian, yaitu; 1.5 S (tersedia transmisi manual saja); 1.5 SV, 1.5 XV, 1.5 Ultimate, 1.5 Highway Star Autech dan 1.8 Highway Star Autech dengan dua pilihan transmisi otomatis dan manual. Rentang harganya mulai dari Rp 162 juta sampai dengan Rp 245,4 juta (on the road Jakarta).
Dibandingkan produksi sebelumnya, harga Grand Livina edisi tahun 2012 ini naik harga mulai dari Rp 2,2 juta sampai dengan Rp 9 juta.
Pada varian 1.5 SV baik transmisi otomatis maupun manual hadir dengan desain lebih stylish. Perubahan tampak pada bagian interior berupa penambahan ornamen warna silver pada ring air conditioner (AC) dan ring instrument cluster, serta tampilan dari speedometer dengan warna dasar putih yang membuat visibilitas semakin jelas.
Untuk eksterior, electric body mirror serta bumper pada bagian depan dan belakang kendaraan kini telah sewarna dengan warna body kendaraan. Sementara itu, varian 1.5 XV dan 1.5 Ultimate dengan transmisi otomatis dan manual, perubahan tampil pada bagian eksteriornya.
Kesan elegan berkat telihat pada Autech grille dan bumper depan, sedangkan tampilan radiator grille dan chrome molding pada area fog lamp memberikan kesan premium. Sebelumnya desain ini hanya dapat ditemui pada Grand Livina tipe Highway Star Autech saja.
Dalam melakukan penyempurnaan terhadap produknya, Nissan juga memperhitungkan banyak faktor, salah satunya adalah aspek keamanan. Buktinya, ada penambahan fitur keamanan, seperti: penambahan sabuk pengaman di baris ketiga yang kini diaplikasikan pada seluruh varian Grand Livina yang dipasarkan di Indonesia
Selain itu, fitur keamanan lainnya adalah, penambahan passenger air bag yang diaplikasikan pada varian 1.5 Highway Star Autech, driver air bag serta sistem rem Anti-Lock Break System (ABS) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan Brake Assist (BA) yang keseluruhannya diaplikasikan pada varian 1.5 XV dan 1.5 Highway Star Autech.
Model baru ini dipasarkan dengan enam pilihan warna yaitu: hitam, silver, abu-abu, biru, merah dan putih. Saat ini pemesanan seluruh line-up New Grand Livina model year 2012 sudah dapat dilakukan di seluruh dealer Nissan di Indonesia.
“Kesuksesan penjualan Grand Livina di Indonesia merupakan bukti kualitas produk yang baik dan value for money. Bukan hanya stylish, nyaman, dan irit bahan bakar, namun dengan harga terjangkau,” jelas Izumida.
Saat ini, Nissan semakin memantapkan bisnisnya dengan memperkuat varian kendaraan MPV. Selain memiliki Grand Livina, Nissan saat ini juga memiliki pilihan lain, seperti Evalia, Serena serta Elgrand.
Sampai akhir tahun fiskal perusahaan (Maret 2013), Nissan menargetkan penjualan lebih dari 90,000 unit, dengan pencapaian pangsa pasar 10%. Untuk mendukung hal tersebut, New Grand Livina model year 2012 diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dengan target penjualan per bulan sebesar 3.000 unit.

2)   Segmentasi Pasar

Grand Livina didesain dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang spesifik, yang merupakan produk andalan utama untuk kategori mobil keluarga di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Grand Livina dibrandrol dengan harga yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan mobil Nissan pendahulunya seperti: Nissan Murano, Nissan Xtrail, Nissan Serena, Nissan Elgrand , Nissan Teana.
Targetnya untuk masyarat golongan menengah ke bawah dapat terlihat dari harga yang dibandrol untuk mobil ini dibandingkan harga mobil Nissan lainnya :

Nissan

SERIES/MODEL
KAPASITAS
TENAGA
HARGA
Murano
3.5 V6
3.498
256
750.000.000
Elgrand
3.5 V6 Highway Star X-Tronic CVT
3.498
280
865.000.000
Juke
1.5 CVT
1.498
114
243.800.000
1.5 CVT RX
1.498
114
253.800.000
March
1.2 L M/T Autech
1.198
80
168.200.000
1.2L M/T
1.198
80
143.100.000
1.2L A/T
1.198
80
153.200.000
1.2L A/T XS
1.198
80
163.200.000
New X-trail Autech
2.0 M/T
1.998
147
313.000.000
2.0 XTronic CVT
1.998
147
343.000.000
2.5 St XTronic CVT
2.488
180
357.500.000
New X-trail 2011
2.5 X-Tremer
2.488
180
392.500.000
2.0 M/T
1.998
147
321.500.000
2.0 CVT
1.998
147
351.500.000
2.5 ST CVT
2.488
180
368.000.000
2.5 XT CVT
2.488
180
382.500.000
Serena Autech
Highway Star
1.998
147
358.376.000
Serena
Comfort Turing
1.998
147
291.400.000
Highway Star
1.998
147
334.250.000
Frontier Navara
2.5 L DC M/T
2.488
174
353.500.000
2.5 L DC A/T
2.488
174
365.500.000
NP-300
2.5 LD C M/T
2.488
133
275.600.000
New Teana
250 XV - V6 A/T
2.498
180
496.450.000
Grand Livina
1.5 S M/T
1.498
109
162.000.000
1.5 XV M/T
1.498
109
187.000.000
1.5 XV A/T
1.498
109
197.000.000
1.5 Ultimate A/T
1.498
109
212.000.000
1.5 SV M/T
1.498
109
172.000.000
1.5 SV A/T
1.498
109
182.000.000
1.8 HWS M/T Autech
1.798
128
235.900.000
1.8 HWS A/T Autech
1.798
128
243.200.000
1.5 HWS M/T Autech
1.498
109
202.600.000
1.5 HWS A/T Autech
1.498
109
212.600.000
Livina X-Gear
1.5 X-gear M/T
1.498
109
189.650.000
1.5 X-gear A/T
1.498
109
196.600.000
Livina
1.5 XR M/T
1.498
109
175.700.000
1.5 XR A/T
1.498
109
182.750.000


3)   Analisis Strategi Nissan Grand Livina

Pasar mobil keluarga yang dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak merupakan pasar dengan permintaan potensial yang sangat besar, dengan penguasaan pasar mencapai 75% dari total pasar mobil secara keseluruhan. Hal ini telah membuat banyak produsen mobil berlomba-lomba untuk merebut “market share” MPV. Mengutip data penjualan mobil secara nasional bulan april tahun 2007, mayoritas dikuasai oleh jenis MPV, penjualan mini-MPV sekitar 36 ribu unit, MPV 14 ribu unit, SUV (sport utility vehicle) 8.200 unit.
Pesaing diantaranya : Kijang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova masih menguasai pasar jenis MPV dengan penguasaan pasar sebesar 80%.


4)   Strategi yang diimplementasikan

Varian yang diluncurkan dalam pasar mobil keluarga, dan harga yang kompetitif dengan target masyarakat menengah kebawah, untuk dapat bersaing ketat dengan pesaing diantaranya, Kijang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova yang masih menguasai pasar jenis ini dengan penguasaan pasar sebesar 80%


5)   Analisa SWOT

POSITIVE

STRENGTHS / KEKUATAN :

·         TECHNOLOGICAL SKILL
Mobil Grand Livina menggunakan teknologi:
ABS, Anti Lock Braking System, system yang berfungsi pada saat kita melakukan pengereman mendadak, dimana sistem ABS akan memompa rem sebanyak puluhan kali per detik agar roda tidak mengunci sehingga arah dan laju kendaraan tetap dapat terkendali.
EBD, Electronic Brake-force Distibution, beberapa sensor yang ditempatkan untuk memantau bobot keseluruhan kendaraan beserta muatan untuk kemudian menyalurkan daya pengirimanyang sesuai untuk deselerasi yang lebih stabil serta berimbang.
BA, Brake Assist, Sistem tahu kapan daya pengereman maksimum harus digunakan dengan memantau seberapa cepat pedal rem diinjak. Saat pedal rem diinjak mendadak, sistem BA akan memberikan daya pengereman tambahan yang dibutuhkan.
Ketiga safety feature (ABS, EBD dan BA) diatas ditambah dengan Airbag hanya terdapat pada varian Grand Livina Ultimate. Sedangkan safety feature yang standar pada Nissan Grand Livina adalah: Side Impact Bar dan Collapsible Steering Column.
Side Impact Bar adalah pelindung pintu samping yang terbuat dari pipa baja yang sangat kuat melindungi penumpang terhadap benturan dari arah samping.
Collapsible Steering Column yang bekerja pada saat terjadi benturan keras dari arah depan, batang kemudi akan turun dengan sendirinya sehingga tubuh pengemudi tidak akan menghantam roda kemudi.

·         LEADING BRANDS
Brand description yakni deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap suatu merek tertentu (Tjiptono, 1997). Brand Personality (keprobadian merek) adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat dibenak konsumen. Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa brand personality merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan oleh konsumen terhadap merek tertentu (Rangkuti, 2004).
Kepribadian merek atau brand personality adalah topik yang menarik dan penting dalam penelitian bidang marketing saat ini karena dapat membantu untuk mem
bedakan merek dengan merek lainnya, membangun aspek emosional, dan memperbesar makna personal suatu merek. Kepribadian merek sebagai kumpulan karakteristik manusia yang dikaitkan atau dihubungkan dengan merek (Aaker, 1997).
Brand personality bisa dibangun jika brand atau merek benar-benar di-maintain dengan baik oleh perusahaan. Selain itu, bagaimana suatu merek mampu memberikan kualitas dan harapan yang diinginkn oleh konsumen. Jika suatu merek mampu menunjukkan dan mempertahankan nilainya, maka ia akan mampu bertahan ditengah persaingan. Namun perlu diingat pula, diperlukan inovasi dan kreativitas dalam membangun nilai suatu merek atau brand dan yang terpenting adalah konsistensi serta kontinuitas dalam membangun sebuah merek atau brand. Perlu diingat bahwa aktivitas membangun sebuah brand adalah suatu proses yang membutuhkan wahtu yang tidak sedikit, aktivitas membangun nilai brand adalah aktivitas yang sifatnya jangka panjang.
Brand personality berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
2012 Top Rising Brands: Apple, Amazon, Samsung, Nissan, Oracle
Nissan (+30%): Nissan recovered quickly from last year’s natural disasters in Japan and grew its market share by pushing the envelope on innovation and by creating bold vehicle designs like that of the Nissan Juke. Nissan’s ability to overcome challenges and continually innovate caught the attention of consumers and helped increase its brand value by 30%.

Nissan Masuk Nominasi Greatest Brands of The Decade
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dinominasikan sebagai “Greatest Brands of the Decade” di kategori otomotif oleh Marketeers Award. Sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc (The First ASEAN Marketing Professional Services Firm) bekerjasama dengan Marketeers (The Connecting Platform for Marketers) sebagai bentuk wujud apresiasi kepada corporate dan product brands dari berbagai kategori industri, yang tetap tampil prima sepanjang tahun 2000-2009.
Penganugerahan ini diberikan bukan kepada brand-brand biasa, namun yang terbaik. Bukan pula brand-brand yang dikenal sekedar sebagai good brand, namun dihormati sebagai great brand.
Lolosnya NMI dalam nominasi penghargaan ini dikarenakan NMI mampu mempertahankan brand Nissan di Indonesia sejak tahun 2000 hingga tahun 2009 dengan performa yang baik. Dan selama perjalanan 9 tahun tersebut, NMI  menyimpan cerita bisnis fenomenal seperti turnaround, superlative growth, tetap tegar setelah transformasi bisnis, menjadi trend-setter, atau cerita lainnya yang menjadikannya sebuah benchmark di industri yang digeluti.
Tak ketinggalan juga, brand Nissan memiliki reputasi sebagai thought-leader atau market-leader yang tidak mudah untuk digoyahkan di industrinya, sepanjang tahun 2000 hingga tahun 2009.



·         DISTRIBUTION CHANNELS
Sangat banyak dan tersebar merata sampai ke luar jawa
JABODETABEK
LUAR JABODETABEK
NISSAN Batu Ceper (Showroom)
NISSAN Istana (Showroom, Service Center)
Jl. Batu Ceper No. 32, Jakarta Pusat
Senin - Jumat (08.00 - 17.00)
(021) 380 4002
Sabtu (08.00 - 15.00)

Telp Appointment (0711) 411 556
NISSAN Bintaro (Showroom, Service Center)
Jl. Demang Lebar Daun No. 24, Palembang - 30137
Senin - Sabtu (08.00 - 17.00)
(0711) 415 369
Minggu (08.00 - 16.00)

Telp Appointment (021) 745 3711, 7007 0702
NISSAN Lubuk Linggau (Showroom, Sercive Center)
Jl. HR. Rasuna Said, CBD Bintaro Blok A5-11 Bintaro Jaya Sektor VII Tangerang
Jl. Yos Sudarso Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuk Linggau Timur, Sumatera Selatan
(021) 7486 2629 (hunting)


NISSAN Khatib Sulaiman (Showroom, Service Center)
NISSAN BSD (Showroom, Service Center)
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
Sabtu (08.30 - 13.30)
Sabtu (08.00 - 15.00)
Telp Appointment (0751) 9888 000
Minggu (09.00 - 15.00)
Jl. Khatib Sulaiman No.97 - Padang, Sumbar 25221
Telp Appointment (021) 531 53 402, 088 210 5353 02
(0751) 705 6745
Jl Raya Serpong Kav. VII C No.12, Lengkong Gudang, Serpong

(021) 531 53401
NISSAN Adam Malik (Showroom, Service Center)

Jl. H. Adam Malik No. 193 Pulo Brayan Kota - Medan
NISSAN Cibubur (Showroom, Service Center)
(061) - 664 0000
Senin - Sabtu (08.00 - 16.30)

Minggu (09.00 - 16.00)
NISSAN Gatot Subroto (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (021) 8392 0123
Senin - Jumat (08.30 - 17.00)
Jl. Alternatif Cibubur Rt 001 / 07 Kp. Nanggewer, Ds. Nagrak – Gunung Putri
Sabtu (08.30 - 13.30)
(021) 823 4370
Telp Appointment (061) 452 92 51

 Jl. Gatot Subroto No. 148, Petisah Tengah, Medan 20112
NISSAN Cikarang (Showroom, Sercive Center)
 (061) 455 8988
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)

Jumat (08.30 - 17.00)
NISSAN Gorontalo (Showroom, Sercive Center) 
Sabtu (08.30 - 14.30)
Jl. Nani Wartabone No. 41, Gorontalo
Telp Appointment (021) 91302573
(0435) 828799
Jl. MH Thamrin NO 200 B LIPO Cikarang Bekasi 17555

(021) 89117601
NISSAN Martadinata (Showroom, Service Center)

Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
NISSAN Ciledug (Showroom)
Sabtu (08.30 - 14.30),
Jl. Ciledug Raya 18 /H-1, RT003/03 Kel.Pesanggrahan - Kec.Petukangan Selatan
Telp Appointment (0431) 87 87 55

Jl. Martadinata - Paal Dua Kel. Dendengan Luar, Kec. Tikala - Manado
NISSAN Cimone (Showroom, Service Center)
(0431) 878 755
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)

Sabtu (08.30 - 14.30)
NISSAN Arengka (Showroom, Service Center)
Telp Appointment 0817 607 4003
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
Jl Merdeka No. 2/125, Cimone, Tangerang 15114
Sabtu - Minggu (08.00 - 14.30)
(021) 557 60606
Telp Appointment (0761) 57 22 88

 Jl. Soekarno Hatta No. 38, Pekanbaru - 28291
NISSAN Cinere (Showroom, Service Center)
(0761) 572 277
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)

Sabtu (08.30 - 15.00)
NISSAN Batam (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (021) 833 969 00
Jl. Yos Sudarso, Sei Baloi, Batam 29432
Jl. Limo Raya kav 95 Limo Depok, (Samping Samsat Cinere)
(0778) 421 206
(021) 753 4137


NISSAN Ahmad Yani (Showroom, Service Center)
NISSAN Ciputat (Showroom)
Senin - Jumat (07.30 - 16.30)
Jl. Insinyur H. Juanda, Tangerang
Sabtu (08.30 - 14.30)

Telp Appointment (031) 9200 2323
NISSAN Daan Mogot (Showroom, Sercive Center)
Jl. Ahmad Yani 248 Surabaya - Jawa Timur
Senin – Kamis : 08.00 – 16.00
(031) 827 4300, 827 4399, 827 3588
Jumat : 08.00 – 16.30

Sabtu : 08.00 – 14.00
NISSAN Basuki Rahmat (Showroom, Service Center)
Jl. Daan Mogot 125, Kedawung Kali Angke
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
(021) 29211111
Sabtu (08.00 - 14.00)

Minggu (09.00 - 15.30)
NISSAN Depok (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (031) 774 25 800
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
Jl. Basuki Rahmat No. 14 - Surabaya
Sabtu (08.30 - 15.00)
(031) 547 0762 / 547 0707
Telp Appointment (021) 4090 9810

Jl. Margonda Raya No.487, Depok
NISSAN H.R. Muhammad (Showroom)

Jl. HR. Mohammad 30 - Surabaya
NISSAN Fatmawati (Showroom)
 
Jl. RS Fatmawati Raya No. 60, Jakarta Selatan
NISSAN Jember (Showroom, Service Center)
(021) 759 11088
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)

Sabtu (08.30 - 15.00)
NISSAN Halim (Service Center)
Telp Appointment 0881 8416 747
Senin - Sabtu (07.30 - 16.30)
Jl. Hayam Wuruk No.181-183, Kel. Mangli, Kec. Kaliwates, Jember - Jawa Timur
Minggu (08.30 - 14.30)
(0331) 412 828
Telp Appointment (021) 801 7315, 8556 8866

Jl. Halim Perdanakusuma No. 1A
NISSAN Jemursari (Showroom, Service Center)
(021) 801 7320
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)

Sabtu (08.30 - 14.30)
NISSAN Harapan Indah (Showroom)
Telp Appointment (031) 9254 2299
Ruko Grand Boulevard Blok AT 16 No. 32 - 33 Asia Tropis, Harapan Indah, Bekasi
Jl. Raya Jemursari No. 335-337, Kel. Sidosermo, Kec. Wonocolo, Surabaya-Jawa Timur

(031) 8490549
NISSAN Jatake (Showroom, Sercive Center)

Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
NISSAN Kediri (Showroom, Service Center)
Sabtu (08.30 - 15.00)
Jl. Joyoboyo 55, Kediri
Telp Appointment (021) 5565 5680
(0354) 695560
Jl. Gatot Subroto km.8, Tangerang

(021) 55655680
NISSAN Mojokerto (Showroom)

Jl. HOS Cokroaminoto No. 27, Mojokerto, Jawa Timur
NISSAN Kebon Jeruk (Showroom, Service Center)
(0321) 333339
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)

Sabtu (08.00 - 15.00)
NISSAN S. Parman (Showroom, Service Center)
Minggu (09.00 - 15.00)
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
Telp Appointment (021) 9113 2723
Jumat (08.30 - 17.00)
BBM 3318DF9A
Sabtu (08.30 - 13.30)
Jl. Arteri Kelapa Dua No. 31, Kebon Jeruk
Telp Appointment (0341) 496 101
(021) - 536 2201, (021) - 532 4759
Jl. S. Parman 53-55

(0341) 490 181
NISSAN Kelapa Gading (Showroom, Service Center)

Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
NISSAN P. Hidayat (Showroom, Service Center)
Sabtu (08.00 - 14.00)
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
Minggu (09.00 - 15.00)
Jumat (08.30 - 17.00)
Telp Appointment (021) 6060 3088
Sabtu (08.30 - 13.30)
Jl. Boulevard Barat Raya XC-8 No.1-2, Kelapa Gading
Telp Appointment (0741) 974 6000
(021) 458 53088
Jl. Pangeran Hidayat Rt. 007, Paal Lima Kota Baru, Jambi

(0741) - 424 52
NISSAN MT. Haryono (Showroom)

Jl. MT. Haryono kav. 10, Jakarta 13330
NISSAN Mlati (Showroom, Service Center)
(021) 856 4760, (021) - 856 6174
Senin - Jumat (08.00 - 17.00)

Sabtu (08.00 - 16.00)
NISSAN Pajajaran (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (0274) 9181 356
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
Jl. Magelang km. 10 Bangunrejo, Tridadi, Sleman, Jogjakarta
Sabtu (08.30 - 14.30)
(0274) 4360 123
Telp Appointment (0251) 833 5173

Jl. Raya Pajajaran, Babakan - Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat
NISSAN Tegalrejo (Showroom)
(0251) 832 6175 (hunting)
Jl. Magelang No. 57 Kricak, Tegalrejo, DI Yogyakarta

(0274) 515086
NISSAN Pantai Indah Kapuk (Showroom, Service Center)

Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
NISSAN Gunung Malang (Showroom, Service Center)
Sabtu (08.30 - 15.00)
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
Minggu (09.00 - 15.00)
Jumat (08.00 - 17.00)
Telp Appointment (021) 6060 1360
Sabtu (08.30 - 14.30)
Jl. Pantai Indah Selatan I - ST/A, Pantai Indah kapuk
Telp Appointment (0542) 913 0132
(021) 588 1366 (hunting)
Jl. Letjen Sutoyo No. 39 A. Klandasan Ilir Balikpapan - 76113

(0542) 424 897



NISSAN Sempaja (Showroom, Service Center)

Senin - Kamis (08.30 - 16.30)

Jumat (08.00 - 17.00)

Sabtu (08.30 - 14.30)

Telp Appointment (0541) 7777 000

Jl. KH. Wahid Hasyim Rt . 13, Kel. Sempaja Selatan, Samarinda, Kaltim

0541-7777000


NISSAN Majapahit (Showroom, Sercive Center)
NISSAN Gatsu (Showroom, Service Center)
Jl. Brigjen Sudiarto 127, Gayamsari, Semarang
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
(024) 6710900
Sabtu (08.30 - 13.30)

Telp Appointment 0857 3974 0908
NISSAN Pekalongan (Showroom, Sercive Center)
Jl. Gatot Subroto Barat No. 416xx, Ubung, Denpasar Utara, Bali
Jl. Dr Sutomo RT 005 RW 013 Desa Sukorejo, Kecamatan Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
(0361) 423 143
(0285) 429377


NISSAN Nusa Dua (Showroom, Service Center)
NISSAN Puri Anjasmoro (Showroom, Service Center)
Jl. Bypass Ngurah Rai No. 79, Kedongan Kuta, Kab. Badung, Bali
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
(0361) 704785
Sabtu (08.30 - 14.30)

Telp Appointment (024) 7615 800
NISSAN Sandubaya (Showroom, Service Center)
Jl. Madukoro No. 4-5 (Komp. PRPP), Semarang
Jl. Sandubaya No. 47, Kecamatan Sandubaya, Kodya Mataram, Lombok
(024) 761 5200
(0370) 671123, 672123


NISSAN Purwokerto (Showroom, Service Center)
NISSAN Kendari (Showroom, Service Center)
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
Jl. Laode Hadi By Pas Bonggoeya, Wua-Wua, Kendari
Sabtu (08.00 - 14.00)
(0401) 3196805
Telp Appointment (021) 920 0052

Jl. Gerilya Timur No.52, Purwokerto Jawa Tengah
NISSAN Pettarani (Showroom, Service Center)
(0281) 640 102
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)

Sabtu (08.30 - 15.00)
NISSAN Solo Baru (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (0411) 425 777
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
Jl. AP. Pettarani No. 116 Makasar - 90222
Sabtu (08.30 - 15.00)
(0411) 425 777
Telp Appointment (0271) 6727906

Jl. Palem Raya Solo Baru, Langenharjo, Grogol , Sukoharjo
NISSAN Labuhan Ratu (Showroom, Service Center)
(0271) 6727908
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)

Sabtu (08.00 - 14.00),
NISSAN IST Bandung 1 (Showroom, Service Center)
Telp Appointment (0721) 707 310
Senin - Jumat (08.15 - 16.30)
Jl. Z. A. Pagar Alam No. 6 Bandar Lampung - 35142
Sabtu (08.15 - 12.30)
(0721) 707310 (Hunting)
Telp Appointment (022) 520 77 77

Jl. Soekarno Hatta No. 382 - Bandung
NISSAN A. Yani (Showroom, Service Center)
(022) 520 7777
Senin - Jumat (08.30 - 17.00)

Sabtu (08.30 - 16.00)
NISSAN IST Bandung 2 (Showroom)
Telp Appointment (0511) 724 0243
Jl. Abdurachman Saleh No. 32 - Bandung
Jl. Ahmad Yani Km. 5,5 Rt. 015 Pemurus Luar, Banjarmasin Timur, Banjarmasin 70249
(022) 603 0220
(0511) 325 098


NISSAN Juanda (Showroom, Sercive Center)
NISSAN A. Yani (Showroom, Service Center)
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
Sabtu (08.30 - 15.00)
Sabtu (08.00 - 15.00)
Telp Appointment (0265) 2350 777
Telp Appointment (0561) 581 901
Jl. Ir. H. Juanda No. 465, Linggajaya - Mangkubumi
Jl. Arteri Supadio No. 8B Sungai Raya - Pontianak
0265 - 2350 777
(0561) 581 168


NISSAN Kedawung (Showroom, Service Center)
NISSAN Jati (Showroom, Service Center)
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
Sabtu (08.30 - 14.30)
Jumat (08.30 - 16.30)
Telp Appointment 0821 2808 8881
Sabtu (08.30 - 15.00)
Jl. Brigjend. Darsono No. 5 Kedawung Cirebon
Telp Appointment (0291) 430 588 / 0858 767 2222 9
(0231) 488 881, 489 400
Jl. Ragil Kusumadya KM.4, Jati Kudus, Jawa Tengah

(0291) 430 588
NISSAN Kerawang (Showroom, Service Center)

Jl. Interchange Desa Wadas Kec.Teluk Jambe Timur Karawang
NISSAN Jebres (Showroom, Service Center)
 
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
NISSAN Veteran (Showroom, Service Center)
Sabtu (08.30 - 14.30)
Senin - Jumat (08.15 - 16.30)
Telp Appointment (0271) 70 444 85
Sabtu (08.15 - 12.30)
Jl. Kol. Sutarto No. 48, Jebres, Solo, Jawa Tengah
Telp Appointment 0815 7300 1234
(0271) 644 485
Jl. Veteran No 51, 55 & 69 blk, Bandung

(022) 421 2143


·         ADDED VALUE
Sebagai bentuk apresiasi kepada Customer atas kepercayaan dalam menggunakan kendaraan Nissan, Pemilik Nissan Certified Car juga akan menjadi bagian dari database nasional sejarah layanan Nissan, yang menyimpan sejarah perawatan pribadi setiap kendaraan.
ERA 24 (Emergency Road Assistance 24 Hours)
Layanan Darurat & Layanan Gendong 24 Jam dari Nissan yang menjamin kenyamanan pelanggan bila kendaraan yang digunakan mengalami gangguan/kerusakan di jalan.
Fasilitas yang diberikan :
·         Gratis layanan darurat 24 jam atas kerusakan kendaraan di jalan bagi anggota di Jabotabek, Bandung, Surabaya, Cirebon, Semarang, Jogja, Denpasar, dan Medan
·         Gratis layanan gendong (carrying truck) 24 jam bagi anggota di Jabotabek, Bandung, Surabaya, Cirebon, Semarang, Jogja, Denpasar, dan Medan. jika kerusakan tidak dapat ditangani di jalan, atas rujukan petugas ERA24H
·         Gratis konsultasi masalah teknik kendaraan
1 Year Extended Warranty
Nissan Certified Car memberikan Jaminan Mesin Kendaraan untuk setiap kendaraan yang dibeli. Jaminan ini secara teknis dimulai pada tanggal pembelian kendaraan dan berlaku untuk 1 tahun kedepan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Layanan Pemeliharaan Awal Kendaraan
12 Item yang termasuk dalam Layanan Pemeliharaan Awal Kendaraan merupakan salah satu bentuk apresiasi Nissan kepada Customer karena telah percaya akan kualitas dan keandalan Nissan Certified Car.
Nissan Insurance
adalah produk asuransi kendaraan bermotor yang khusus dirancang bagi kendaraan Nissan dengan segala kelebihan sehingga memberikan jaminan perlindungan asuransi yang lengkap dan nyaman bagi Anda. Bagi Anda pemilik mobil Nissan sudah selayaknya mendapatkan perlindungan terpercaya dari Nissan Insurance.
Banyak jaminan perlindungan “istimewa”  yang bisa Anda nikmati yang berbeda dengan asuransi  kendaraan bermotor lainnya :
-   Kemudahan aplikasi. Cukup mengisi formulir di dealer Nissan pilihan Anda
-   Proses klaim mudah. Dalam setiap pengajuan klaim, nasabah cukup menghubungi Hotline (021) 31 999 100 atau Dealer Nissan terdekat
-   Perbaikan kendaraan di bengkel resmi Nissan (authorized). Ditangani langsung oleh teknisi ahli dari Nissan serta jaminan kualitas dan keaslian spare part
-   Premi kompetitif, jaminan luas. Pilihan jaminan yang ditawarkan adalah Comprehensive (Gabungan)
-   Manfaat tambahan. New for Old Program (6 Bulan), Mobile Claim Service, Layanan Bantuan Darurat 24 Jam (Jabodetabek) untuk perbaikan kendaraan dan jasa derek serta Ambulan apabila mengalami kecelakaan.
Nissan Insurance  merupakan produk khusus mobil Nissan yang dapat diperoleh di dealer Nissan seluruh Indonesia. Produk ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk asuransi lainnya, berupa jasa servis gratis dari Nissan.
Perbaikan kendaraan ditangani langsung oleh teknisi ahli dari Nissan serta jaminan kualitas pengerjaan sesuai standar Nissan dan keaslian spare part. 
Dengan menjadi pemegang polis Nissan Insurance maka secara otomatis Anda mendapatkan Voucher gratis biaya jasa service sampai dengan 50.000 km. Anda tinggal membawa voucher tersebut kepada bengkel resmi Nissan, untuk mendapatkan jasa service secara gratis.
Selain Penumpang, produk Nissan Insurance memberikan jaminan asuransi kecelakaan diri bagi pengemudi akibat kecelakaan dengan maksimum jaminan adalah 10 juta rupiah. Produk Nissan Insurance hanya memberikan jaminan untuk penumpang dan pengemudi maksimal 5 orang.

·         PRODUCTION QUALITY
Part Asli Nissan
Pabrikan Nissan mengklaim bahwa Part Asli Nissan penuh performa yang dapat diandalkan dari:
1. Teknologi automotive terkini
2. Pengujian produk yang sangat teliti
3. Proses pembuatan yang menggunakan komponen berkualitas tinggi
163 Check Points
Dalam rangka memenuhi standar yang ketat dari program Nissan Certified Car, setiap kendaraan yang ditawarkan telah melalui serangkaian pemeriksaan lengkap (163 Check Points) untuk meyakinkan pelanggan akan kepercayaan, keandalan, dan kualitas Nissan Certified Car.


OPPORTUNITIES / PELUANG

       NEW DISTRBUTION CHANNELS
Dengan dibukanya showroom dan bengkel baru Nissan, diharapkan dapat lebih dekat dengan (calon) konsumen, dan menarik sejumlah besar calon konsumen untuk membeli produk Nissan.


NEGATIVE

WEAKNESSES / KELEMAHAN
Desain Nissan Grand Livina yang berpenggerak depan mempunyai kecendrungan understeer saat menikung, perlu berhati-hati dan berkonsentrasi penuh saat menikung dengan speed tinggi. Dan apabila terjadi understeer saat melahap tikungan, jangan panik, lakukan perlambatan sampai ban terasa mencengkram kembali, kurangi steer perlahan dan jangan melakukan pengereman yang keras.
Bagi yang hendak memilih Grand Livina 1.500 cc manual, Anda perlu memperhatikan kondisi transmisinya. Pasalnya, pada tipe ini kerap ditemui masalah ketimbang model lainnya. Salah satunya adalah bunyi yang cukup mengganggu.
Memang Nissan hendak mengedepankan konsep irit pada Grand Livina dengan menggunakan transmisi yang efisien. Salah satu cara mengurangi beban mesin adalah dengan membuat celah antar-gigi transmisi yang bersinggungan dibuat sesedikit mungkin agar kerugian gesekan dapat diminimalkan.
Sayangnya, transmisi yang diproduksi Renault ini dibuat dengan memperhitungkan kondisi di Eropa. Dimana suhu udara tidak terlampau tinggi sehingga sesuai dengan jenis oli yang digunakan. Berbeda dengan Indonesia, iklim tropis membuat suara berisik menjadi timbul. Dalam beberapa kasus, pelumasan di dalam transmsi menjadi kurang optimal dan berbuntut terhadap kerusakan.
Usia kendaraan yang belum genap 3 tahun, Nissan Grand Livina cenderung  memiliki kualitas kendaraan dalam kondisi baik. Namun Anda perlu mengetahui beberapa karakter dari MPV Nissan ini. Salah satunya adalah tidak akurasinya indikator bensin di dasbor.
Selain itu, karakter suspensi, kadang terdengar suara, “Bletak” saat melewati gundukan jalan dalam kecepatan rendah. Ini disebabkan oleh jarak main sokbreker yang terlampau tinggi sehingga saat rebound, travel sokbreker berada dititik maksimal.
Sedangkan ban standarnya memiliki karakter yang kurang baik saat menghadapi genangan air. Nah, bila ada kesempatan untuk mengganti ban standar akibat usia pakai yang mulai habis, tentu hal ini akan membuatnya lebih baik.
 

THREATS / ANCAMAN
       CHANGES IN GOVERNMENT POLITICS
VIVAnews (Rabu, 26 Desember 2012 | 13:54 WIB ) - Pemerintah menyiapkan insentif cukai untuk produk mobil low cost dan green car. Ini merupakan bentuk kompensasi terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
"Pemerintah memutuskan pemberian insentif berupa keringan cukai bagi produsen otomotif yang dapat membuat kendaraan atau produk-produk low cost (murah dan irit) dan green car (ramah lingkungan)," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantor Kementerian Perindustian, Jakarta, Jumat 2 Maret 2012.
Hatta menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan, sehingga nantinya industri otomotif khususnya dalam negeri dapat berkembang dengan baik.
"Kita tadi sudah sepakat dengan Menteri Keuangan, untuk menyikapinya dengan cukai, sehingga dapat mendorong penggunaan kendaraan low cost dan green car di industri-industri dalam negeri," katanya.
Menteri Keuangan Agus Martawardojo mengatakan, pemberian insentif ini nantinya akan diberikan kepada seluruh produsen kendaraan dalam negeri, tanpa terkecuali.
Insentif fiskal diberikan agar para investor dapat segera menghitung berapa besar investasinya dalam membuat kendaraan. "Karena investasinya sangat besar," kata Agus. (adi

       BANYAKNYA PESAING

Komparasi Mobil Keluarga di Bawah Rp 200 juta

Pilihan mobil keluarga dengan rentang Harga dibawah Rp. 200 juta kini kian banyak dan menyulitkan konsumen untuk memilihnya. Berbagai jenis mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, apalagi di pasar yang sangat basah di Indonesia ini ATPM selalu memberikan penawaran-penawaran menarik untuk calon pembeli kendaraan. Karena sebentar lagi momentumnya sangat baik menjelang mudik lebaran untuk memilih mobil. Saya mencoba menuliskan kekurangan dan kelebihan masing-masing kendaraan yang layak anda dipilih di rentang harga dibawah Rp. 200 juta. Review dan komparasi ini saya buat berdasarkan pengalaman mencoba mobil-mobil tersebut secara langsung karena saya bekerja di Rental Mobil Jakarta. Nah, dari situ saya hampir mencoba semua jenis mobil yang cukup laris di Indonesia.
1. Toyota Avanza / Daihatsu Xenia
Siapa yang tidak kenal dengan mobil sejuta umat ini? Mobil ini terkenal lincah, irit, mudah perawatannya dan memiliki resale value yang sangat tinggi. Disini saya garis bawahi bagi anda yang menginginkan mobil dengan harga jual kembali yang tidak terlalu jauh perbedaannya dengan harga pembelian. Toyota Avanza merupakan pilihan wajib dan anda tidak perlu ragukan lagi, namun untuk Xenia harga jual kembali tidak sebaik Avanza.
Mobil yang belum lama ini mengalami pergantian model pada tahun 2011 akhir ini mengalami pendewasaan yang cukup baik. Kita tidak akan lagi menemukan kelemahan suspensi Avanza / Xenia yang mental-mentul, atau pintu belakang yang sulit dibuka karena harus menggunakan switch dibawah jok pengemudi, ataupun model interior yang terlihat seadanya dan murah. Kini Toyota memperbaiki itu semua di mobil Avanza terbaru.
Avanza dan Xenia terbaru bisa saya bilang cukup nyaman untuk sebuah mobil keluarga. Apalagi untuk anda yang suka berpergian jauh, mobil ini telah dilengkapi dengan AC Double Blower yang menjangkau hingga penumpang belakang. Termasuk Xenia kini telah dilengkapi dengan AC Double Blower juga untuk tipe 1.300  cc VVT-i. Soal performa mesin tidak perlu diragukan lagi. Mesin Toyota Avanza sudah dikenal irit dan bertenaga untuk tipe mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Tapi untuk mesin Xenia 1.000 cc saya kurang merekomendasikan lantaran tenaganya yang kurang, suara yang menderu dan lebih boros karena rasio bobot dan tenaga yang tidak berimbang.
Kekurang mobil ini menurut saya ada beberapa kelemahan di bagian interior, terutama untuk penumpang. Pertama, mobil ini menggunakan bahan jok kursi yaang lebih tipis dan terlihat ringkih. Posisi duduk juga kurang nyaman lantaran bentuk kursi yang kaku dan tidak berstuktur sesuai bentuk lekuk badan. Kedua, bagian paling fatal dari mobil ini ada di penumpang belakang. Untuk anda yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm, kepala anda akan menyentuh bagian atap kendaraan karena bentuk atap yang landai ke belakang. Padahal ini tidak akan anda temukan di model sebelumnya.
Plus:
·         Harga jual kembali
·         Mesin 1.300 cc & 1.500 cc yang irit dan bertenaga
·         Suspensi yang lebih baik
·         Sparepart mudah dan murah
Minus:
·         Kursi yang semakin tipis
·         Kepala penumpang belakang mentok dengan atap
·         Mesin 1.000 cc yang tidak bertenaga dan berisik
·         Bagasi sempit
2. Nissan Grand Livina
Mobil ini sudah cukup lama berseliweran di kota Jakarta sejak tahun 2007 silam. Kehadirannya memberikan nuansa baru bagi otomotif Indonesia terutama untuk yang menginginkan mobil keluarga yang sangat nyaman untuk kebutuhan dalam kota. Saya sebenarnya sangat menyukai mengendarai Nissan Grand Livina lantaran karena memiliki rasa seperti membawa sebuah sedan; suspensi yang lembut, pengendalian mantap, kabin yang hening, mesin yang halus, bertenaga dan sangat irit. Pokoknya jika anda mengendarai mobil ini, anda seperti merasa membawa sebuah sedan dibandingkan dengan mobil keluarga 7 penumpang. Terutama untuk tipe manualnya yang memiliki pedal kopling sangat ringan.
Sayang, tiada gading yang tak retak. Meskipun mobil ini sangat nyaman dikendarai, masalah dimensi mobil yang paling kecil dibandingkan MPV sekelasnya membuat mobil ini masih kalah dibandingkan kompetitornya. Terutama pada kursi belakang yang sempit dan tidak cocok untuk ditempati 3 orang dewasa. Belum lagi absensi dari fitur AC double blower yang tidak ada pada seluruh model mobil ini. Meskipun Nissan telah mengakali dengan blower AC yang cukup besar pada bagian depan dan memiliki ventilasi kaki pada konsol tengah, Jangan harap hembusan AC akan sejuk sampai ke bagian paling belakang. Celakanya justru penggunaan blower AC yang besar di bagian depan itu malah membuat penumpang depan masuk angin lantara terlalu kencang meskipun AC di putar dengan kecepatan yang paling rendah.
Sehingga menurut hemat saya, jika anda ingin membeli Nissan Grand Livina hendaklah tidak berharap banyak dengan kursi baris belakang. Anggap saja anda membeli sedan 5 penumpang dengan bonus kursi penumpang dadakan pada bagian belakang. Untungnya mobil ini memiliki kursi belakang yang dapat dilipat rata dengan lantai dengan mudah, sehingga ruang bagasi menjadi sangat besar untuk menampung barang bawaan anda. Nilai tambah bagi Grand Livina, Nissan memberikan bonus sebuah TV mounted yang dapat memutar DVD, MP3, USB dan SD card reader untuk memutar musik. Soal entertainment dalam kabin Nissan memang jagonya.
Plus:
·         Kenyamanan : kesenyapan kabin, suspensi
·         Mesin 1.500 cc bertenaga, paling irit dikelasnya, sangat minim getaran dan suara
·         Pengendalian seperti sedan
·         Sistem audio dengan TV mounted
·         Kursi belakang dapat dilipat rata lantai
Minus:
·         Kursi belakang sempit
·         Ukuran Bagasi bila kursi terbuka
·         AC yang terlalu kencang
·         Belum double blower
·         Sempit
3. Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga ini sebenarnya mirip-mirip dengan Nissan Grand Livina, memiliki suspensi monokok dan penggerak roda depan. Hanya saja untuk ukuran dimensi mobil ini lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan Nissan Grand Livina. Mobil ini pada pengendaraannya tidak ubah layaknya Toyota Avanza, bantingan suspensi juga mirip-mirip. Hanya saja sedikit lebih nyaman dan lebih mantap karena menggunakan sasis monokok.
Masuk ke dalam kabin mobil ini tentunya anda akan jatuh cinta dengan modelnya yang manis. Instrumentasi mobil ini dibuat sedemikian rupa oleh Suzuki untuk mengambil hati calon pembelinya. Menurut saya untuk masalah dashboard mobil ini memiliki model paling cantik. Kursi Suzuki Ertiga juga cukup nyaman dan paling tebal dikelasnya. Tapi yang paling saya suka dari mobil ini ialah pintu tengah yang sangat panjang memudahkan penumpang keluar masuk, terutama model kursi yang tidak perlu dilipat untuk masuk ke bangku baris ketiga, hanya cukup digeser maju saja.
Tapi tetap saja mobil ini memiliki kekurangan, yaitu pada bangku baris ketiga. Sama seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil ini memiliki headroom yang sangat rendah sehingga penumpang yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm akan mentok dengan plafon, tapi ini lebih parah dibandingkan dengan Toyota Avanza. Tapi kekurangan tersebut dapa diakali dengan cara duduk yang tidak begitu tegak. Kekurangan yang kedua, mobil ini tidak dilengkapi dengan varian AC double blower. Padahal di India tersedia tipe AC Double Blower untuk Ertiga, sehingga penumpang belakang akan terasa panas dibandingkan bagian depan. Yang terakhir mobil ini hanya tersedia dalam tipe transmisi manual saja. Lucu ya, padahal kini mobil matic lebih laris dibandingkan dengan manual. Jika saja ketiga kelemahan itu diperbaiki oleh Suzuki, sepertinya saya akan cenderung memilih Ertiga dibandingkan Avanza.
Plus:
·         Pengendalian dan suspensi yang cukup baik
·         Pintu tengah yang besar
·         Kursi belakang dapat dilipat rata lantai
·         Model interior
·         Fitur
Minus:
·         Kursi belakang sempit dan headroom sedikit
·         Ukuran Bagasi bila kursi terbuka sempit
·         Belum double blower
·         Tidak tersedia varian otomatis (AT)
4. Daihatsu Luxio
Mobil ini merupakan jawaban atas Suzuki APV yang sudah menguasai pasara mobil keluarga berbentuk Van di Indonesia. Mobil ini sebenarnya merupakan Daihatsu Gran Max yang diberikan tampilan luar dalam yang lebih mewah dan mendapatkan improvisasi dengan per belakang model keong (Gran Max model per daun) dan tersedianya transmisi otomatik (AT).
Masuk ke dalam interior Luxio, lupakan interior Daihatsu Gran Max yang kaku dan suran. Mobil ini memiliki door trim, jok, paduan warna yang ceria dengan nuansa beige dan kayu gelap untuk tipe X. Bahkan kita merasa mobil ini sepertinya tidak ada hubungan darah dengan Van Gran Max. Bahkan menurut saya interior Luxio jika dibandingkan dengan Evalia masih lebih mewah Luxio. Hanya saja model eksterior Luxio tidak secantik Evalia.
Mobil ini memiliki rasa pengendaraan yang berbeda dibandingkan Avanza, Livina atau Ertiga. Tapi sebelas-duabelas dengan Evalia dan Suzuki APV. Untungya meskipun sama-sama memiliki mesin dibawah, Mobil ini tidak berasa setinggi APV. Bicara tentang dimensi, mobil ini memiliki dimensi paling besar dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, bahkan lebih besar dari APV dan Kijang Innova. Model Boxy dan head room yang tinggi juga dapat menyulap mobil ini dari mobil keluarga menjadi mobil barang yang sangat besar. dari segi penumpang juga begitu, Bahkan jika kita mau memaksakan, bangku baris tengah dan belakang mampu memuat 4 orang sekaligus.
Luxio sendiri sebenarnya bukanlah mobil perkotaan tulen meskipun sudah memiliki transmisi otomatis. Kekurangan mobil ini ialah suspensi yang cukup keras jika penumpang di dalamnya hanya sedikit. Kelembutan Suspensi Luxio dapat dirasakan ketika penumpang penuh sama seperti Suzuki APV. Oh iya bicara tentang APV, Luxio jauh lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan Suzuki APV. Tetapi masalah performa sepertinya belum bisa mengalahkan mobil pabrikan Jepang berlogo S tersebut. Kekurangannya lagi saya tidak suka model kursi depan mobil yang memiliki mesin dibawah, tipis dan kaku. Hal minus lainnya Luxio memiliki plat bodi yang tipis, terutama ketika menutup pintu geser akan terasa sekali betapa kalengnya mobil ini.
Plus:
·         Interior paling besar
·         Mesin 1.500 cc yang irit  dan bandel
·         Pintu geser
·         AC Double Blower
·         Bagasi luas
Minus:
·         Kursi depan kaku dan tipis
·         Mesin dibawah jok
·         Bodi kaleng
·         Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang
5. Suzuki APV / Mitsubishi Maven
Mobil ini merupakan mobil Van MPV yang pertama di Indonesia. Mobil ini telah mengalami facelift untuk model interior dan eksterior sehingga lebih mewah dibandingkan dengan model sebelumnya. APV ini sangat luas, memiliki kursi-kursi yang cukup nyaman pada bagian depan dan belakang, selebihnya mobil ini seperti saya mengomentari bagaimana Daihatsu Luxio. Tapi sayang, mobil ini belum dilengkapi dengan pintu geser dan jarak dari ruang penumpang ke tanah sangat tinggi, jika anda tidak berhati-hati bisa-bisa anda terjatuh.
Secara pribadi saya telah  membawa mobil ini untuk jarak jauh dan tidak menemukan kendala berarti selama perjalan. Mobil ini memang dikenal bandel mesinnya mengingat mesin APV merupakan mesin Suzuki Carry 1.500 cc yang diberikan improvisasi sehingga memiliki tenaga yang lebih besar. Namun untuk ukuran sebuah MPV 1.500 cc, mobil ini cukup boros.
Mobil ini cukup asik juga di pengaturan tata suara, Suara bass dan treble yang dihadirkan di mobil ini tergolong bagus dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Plat bodi mobil ini juga cukup tebal meskipun suara mesin masih masuk ke dalam kabin ketika berakselerasi.
Plus:
·         Interior luas
·         Mesin 1.500 cc yang bandel
·         AC Double Blower
·         Bagasi luas
·         Suara Audio
·         Ketebalan bodi
Minus:
·         Kursi depan kaku dan tipis
·         Boros
·         Mesin dibawah jok
·         Terlalu tinggi
·         Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang
6. Nissan Evalia
Bicara tentang Nissan Evalia, sebenarnya Nissan Evalia ini merupakan produk global untuk mobil Van komersial seperti untuk angkut barang dan taksi. Maka jangan heran kalau melihat spesifikasi mobil ini masih menggunakan per model daun (leafspring) karena memang mobil ini di desain untuk mengangkut beban berat. Di Indonesia mobil ini dibuat lebih mewah dengan menambahkan fitur-fitur canggih seperti camera belakang, Mounted monitor yang dapat memutar DVD, MP3 AUX, USB dan radio.
Nissan Evalia merupakan mobil pertengahan antara mobil Van seperti Luxio, APV dan mobil MPV dalam kota seperti Avanza, Ertiga dan Livina karena mobil ini memiliki bodi sebuah Van, namun model letak mesin yang berada di depan bukan dibawah jok. Sehingga anda tidak perlu mengeluh lagi akan model kursi depan yang tidak nyaman karena kaku dan tipis.
Meskipun begitu, mobil ini masih punya beberapa kelemahan seperti interior yang lega tapi tidak selega Luxio dan APV, juga model AC Double Blower yang berada di samping penumpang belakang seperti AC Fortuner dan Pajero Sport generasi pertama. Selebihnya untuk masalah suspensi, pengendalian dan lainnya masih serupa dengan mobil Van lainnya tapi sedikit lebih mantap, suspensi juga mewajibkan Nissan Evalia harus diisi penuh untuk menjadi nyaman.
Nissan Evalia ini sebenarnya cukup fenomenal, karena Nissan Indonesia menjuluki mobil ini sebagai smart family MPV karena memadukan antara kecanggihan teknologi melalui fitur-fitur namun juga masih bisa diajak untuk menjadi mobil travel atau pembawa barang. Mesin yang digunakan juga sama seperti Nissan Grand Livina, Tetapi tidak perlu menyamakan performa mesin dan konsumsi bahan bakar Nissan Evalia dengan Grand Livina. Tentunya Evalia lebih boros dan tidak dapat berakselerasi seperti Nissan Grand Livina mengingat bentuknya yang jauh lebih besar, lebih berat dan rasio gigi yang lebih rendah untuk menjaga kemampuan mobil ini di tanjakan. Meskipun begitu mobil ini masih masuk ke dalam kategori hemat bahan bakar kok.
Plus:
·         Interior luas
·         Mesin 1.500 cc yang irit dan senyap
·         Bagasi luas
·         Fitur
·         Pintu geser
Minus:
·         letak AC double blower
·         Per daun pada roda belakang
·         Kaca tengah tidak bisa dibuka
·         Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang


6)   Rekomendasi, apakah sudah tepat strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda dan setujukah saudara bahwa penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L dapat menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara keseluruhan?
Indomobil Group yang merupakan mitra dari PT Nissan Motor Indonesia bersama-sama pada tanggal 5 April 2007 secara resmi meluncurkan produk terbarunya dikelas Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Nissan Grand Livina. Kendaraan MPV medium untuk tujuh penumpang (7-seater) ini menggunakan mesin 1,5 L dan 1,8 L Grand Livina didesain dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang spesifik, yang merupakan produk andalan utama untuk kategori mobil keluarga di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) yang harganya terjangkau (di bawah Rp. 200 jutaan).
Strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda terasa tidak akan seheboh saat pertama peluncuran Grand Livina tahun 2007. Tetapi setiap ada mobil baru yang dikeluarkan suatu pabrikan manapun dan berapapun harganya, pasti terjual di Indonesia yang notabene masyarakatnya cenderung konsumtif dan suka pamer / tidak membeli sesuai dengan kebutuhan tetapi hanya karena keinginan / bagusnya produk tersebut.
Penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L tidak akan menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara keseluruhan karena Nissan tidak membuat persepsi bahwa Mobil Nissan adalah mobil mahal atau mobil untuk kalangan menengah atas, tetapi bervariasi. Ada yang memang ditujukan untuk kalangan menengah atas seperti : Nissan Murana, Elgrand, Serena, XTrail, Teana. Tetapi ada yang ditujukan untuk kalangan menengah bawah, seperti: Nissan March, Evalia dan Grand Livina. Managemen Nissan hanya memberikan persepsi bahwa Brand Nissan membawa kualitas produk yang sangat baik.

1 komentar:

  1. terima kasih mas broww,,,atas informasi nya ini,,saya merupakan pengguna Nissan Grand Livina dan seperti yang anda sampaikan "Tak ada gading yang tak retak" tapi saya sampaikan saya cinta Nissan Grand Livina dengan semua plus minus nya, salam kenal

    pontianak 25 mei 2013

    BalasHapus