MARKETING STRATEGY
PT NISSAN MOTOR INDONESIA DALAM
PELUNCURAN PRODUK BARU MPV GRAND LIVINA.
Pendahuluan
PT
Nissan Motor Indonesia (NMI) menegaskan strateginya untuk terus berkembang
dipasar otomotif indonesia, dengan didukung oleh produk-produk baru dan
investasi lokal. Sejak tahun 2001 potensi pasar Nissan di Indonesia semakin berkembang
secara signifikan. Nissan secara progresif telah mengembangkan berbagai produk
yang dapat diterima oleh pelanggannya di Indonesia misalnya Nissan X-Trail dan
Teranno, disegmen SUV, Serena (MPV), sedan Teana dan Hatchback Latio.
Indomobil Group yang
merupakan mitra dari PT Nissan Motor Indonesia bersama-sama pada tanggal 5
April 2007 secara resmi meluncurkan produk terbarunya dikelas Multi Purpose
Vehicle (MPV) yaitu Nissan Grand Livina. Kendaraan MPV medium untuk tujuh
penumpang (7-seater) ini menggunakan mesin 1,5 L dan 1,8 L Grand Livina
didesain dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup
masyarakat Indonesia yang spesifik, yang merupakan produk andalan utama untuk
kategori mobil keluarga di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV)
Harga yang ditawarkan
mulai Rp 138,5 juta hingga Rp 203,5 juta. Presiden Direktur NMI, Norio Ota
mengatakan, pihaknya mencanangkan target penjualan Livina ditahun 2007 sebanyak
12 ribu unit dari total penjualan produk Nissan 21 ribu unit. Sedangkan untuk
tahun 2008, NMI menargetkan penjualan produk Nissan sebesar 40 ribu unit dan
berharap Grand Livina, dapat memberikan kontribusi sebesar 60% dari total
penjualan tersebut.
Pasar mobil keluarga
yang dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak merupakan pasar dengan
permintaan potensial yang sangat besar, dengan penguasaan pasar mencapai 75%
dari total pasar mobil secara keseluruhan. Hal ini telah membuat banyak
produsen mobil berlomba-lomba untuk merebut “market share” MPV. Mengutip
data penjualan mobil secara nasional bulan april tahun 2007, mayoritas dikuasai
oleh jenis MPV, penjualan mini-MPV sekitar 36 ribu unit, MPV 14 ribu unit, SUV
(sport utility vehicle) 8.200 unit.
Dengan tujuan varian
yang diluncurkan dalam pasar mobil keluarga, dan harga yang kompetitif, maka
dapat diharapkan Grand Livina akan bersaing ketat dengan pesaing diantaranya,
Kijang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova masih
menguasai pasar jenis ini dengan penguasaan pasar sebesar 80%.
Identifikasi masalah:
Dari uraian diatas,
masalah yang dapat diidetifikasi adalah bagaimana strategi Nissan Grand Livina
untuk menembus dominasi Toyota dalam pasar MPV pada segmen pembeli yang
berorientasi pada keluarga (Family Oriented Buyers)?
Tugas Saya :
1)
Fakta-fakta apa yang
diperlukan sehingga menyebabkan PT Nissan Motor Indonesia memproduksi Grand
Livina.
2)
Segmentasi Pasar
3)
Analisis Strategi Nissan
Grand Livina
4)
Strategi yang diimplementasikan
5)
Analisa SWOT
6)
Rekomendasi, apakah sudah
tepat strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda dan
setujukah saudara bahwa penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L dapat
menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara
keseluruhan?
JAWABAN :
1) Fakta-fakta apa yang
diperlukan sehingga menyebabkan PT Nissan Motor Indonesia memproduksi Grand
Livina.
Sejak tahun 2001 potensi pasar Nissan di
Indonesia semakin berkembang secara signifikan.
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi
meluncurkan New Grand Livina model terbaru tahun 2012. Kendaraan multi purpose vehicle (MPV)
yang telah dipasarkan sejak 2007 itu tampil dengan desain khusus yang berbeda
dari pendahulunya.
“Hingga sekarang, apresiasi publik terhadap Grand
Livina masih sangat baik bahkan cenderung meningkat,” kata Kintaro Izumida,
Presiden Direktur NMI, dalam siaran persnya yang diterima KONTAN, Jumat (31/8).
Perlu diketahui, Grand Livina merupakan tulang
punggung penjualan Nissan di Indonesia dengan kontribusi penjualan sebesar 60%
dari total penjualan. “Hal ini mendorong kami terus melakukan penyempurnaan
tampilan beserta fitur guna memberikan kepuasan kepada calon konsumen Grand
Livina di Indonesia,” terang Izumida.
New Grand Livina model tahun 2012 itu dipasarkan
di Indonesia dengan pilihan 6 varian, yaitu; 1.5 S (tersedia transmisi manual
saja); 1.5 SV, 1.5 XV, 1.5 Ultimate, 1.5 Highway Star Autech dan 1.8 Highway
Star Autech dengan dua pilihan transmisi otomatis dan manual. Rentang harganya
mulai dari Rp 162 juta sampai dengan Rp 245,4 juta (on the road Jakarta).
Dibandingkan produksi sebelumnya, harga Grand
Livina edisi tahun 2012 ini naik harga mulai dari Rp 2,2 juta sampai dengan Rp
9 juta.
Pada varian 1.5 SV baik transmisi otomatis maupun
manual hadir dengan desain lebih stylish.
Perubahan tampak pada bagian interior berupa penambahan ornamen warna silver
pada ring air conditioner (AC) dan ring instrument cluster, serta tampilan dari
speedometer dengan warna dasar putih yang membuat visibilitas semakin jelas.
Untuk eksterior, electric body mirror serta bumper
pada bagian depan dan belakang kendaraan kini telah sewarna dengan warna body
kendaraan. Sementara itu, varian 1.5 XV dan 1.5 Ultimate dengan transmisi
otomatis dan manual, perubahan tampil pada bagian eksteriornya.
Kesan elegan berkat telihat pada Autech grille dan
bumper depan, sedangkan tampilan radiator
grille dan chrome molding pada area fog lamp memberikan kesan
premium. Sebelumnya desain ini hanya dapat ditemui pada Grand Livina tipe
Highway Star Autech saja.
Dalam melakukan penyempurnaan terhadap produknya,
Nissan juga memperhitungkan banyak faktor, salah satunya adalah aspek keamanan.
Buktinya, ada penambahan fitur keamanan, seperti: penambahan sabuk pengaman di
baris ketiga yang kini diaplikasikan pada seluruh varian Grand Livina yang
dipasarkan di Indonesia
Selain itu, fitur keamanan lainnya adalah,
penambahan passenger air bag
yang diaplikasikan pada varian 1.5 Highway Star Autech, driver air bag serta
sistem rem Anti-Lock Break System (ABS) dengan EBD (Electronic Brake Force
Distribution) dan Brake Assist (BA) yang keseluruhannya diaplikasikan pada
varian 1.5 XV dan 1.5 Highway Star Autech.
Model baru ini dipasarkan dengan enam pilihan
warna yaitu: hitam, silver, abu-abu, biru, merah dan putih. Saat ini pemesanan
seluruh line-up New Grand Livina model year 2012 sudah dapat dilakukan di
seluruh dealer Nissan di Indonesia.
“Kesuksesan penjualan Grand Livina di Indonesia
merupakan bukti kualitas produk yang baik dan value for money. Bukan hanya stylish, nyaman, dan
irit bahan bakar, namun dengan harga terjangkau,” jelas Izumida.
Saat ini, Nissan semakin memantapkan bisnisnya
dengan memperkuat varian kendaraan MPV. Selain memiliki Grand Livina, Nissan
saat ini juga memiliki pilihan lain, seperti Evalia, Serena serta Elgrand.
Sampai akhir tahun fiskal perusahaan (Maret 2013),
Nissan menargetkan penjualan lebih dari 90,000 unit, dengan pencapaian pangsa
pasar 10%. Untuk mendukung hal tersebut, New Grand Livina model year 2012
diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dengan target penjualan per bulan
sebesar 3.000 unit.
2) Segmentasi Pasar
Grand Livina didesain dan dirancang
khusus untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang
spesifik, yang merupakan produk andalan utama untuk kategori mobil keluarga di
kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Grand Livina dibrandrol dengan harga yang
relatif terjangkau bila dibandingkan dengan mobil Nissan pendahulunya seperti:
Nissan Murano, Nissan
Xtrail, Nissan Serena, Nissan Elgrand , Nissan Teana.
Targetnya untuk masyarat golongan
menengah ke bawah dapat terlihat dari harga yang dibandrol untuk mobil ini
dibandingkan harga mobil Nissan lainnya :
Nissan
SERIES/MODEL
|
KAPASITAS
|
TENAGA
|
HARGA
|
Murano
|
|||
3.5 V6
|
3.498
|
256
|
750.000.000
|
Elgrand
|
|||
3.5 V6 Highway Star X-Tronic CVT
|
3.498
|
280
|
865.000.000
|
Juke
|
|||
1.5 CVT
|
1.498
|
114
|
243.800.000
|
1.5 CVT RX
|
1.498
|
114
|
253.800.000
|
March
|
|||
1.2 L M/T Autech
|
1.198
|
80
|
168.200.000
|
1.2L M/T
|
1.198
|
80
|
143.100.000
|
1.2L A/T
|
1.198
|
80
|
153.200.000
|
1.2L A/T XS
|
1.198
|
80
|
163.200.000
|
New
X-trail Autech
|
|||
2.0 M/T
|
1.998
|
147
|
313.000.000
|
2.0 XTronic CVT
|
1.998
|
147
|
343.000.000
|
2.5 St XTronic CVT
|
2.488
|
180
|
357.500.000
|
New
X-trail 2011
|
|||
2.5 X-Tremer
|
2.488
|
180
|
392.500.000
|
2.0 M/T
|
1.998
|
147
|
321.500.000
|
2.0 CVT
|
1.998
|
147
|
351.500.000
|
2.5 ST CVT
|
2.488
|
180
|
368.000.000
|
2.5 XT CVT
|
2.488
|
180
|
382.500.000
|
Serena
Autech
|
|||
Highway Star
|
1.998
|
147
|
358.376.000
|
Serena
|
|||
Comfort Turing
|
1.998
|
147
|
291.400.000
|
Highway Star
|
1.998
|
147
|
334.250.000
|
Frontier
Navara
|
|||
2.5 L DC M/T
|
2.488
|
174
|
353.500.000
|
2.5 L DC A/T
|
2.488
|
174
|
365.500.000
|
NP-300
|
|||
2.5 LD C M/T
|
2.488
|
133
|
275.600.000
|
New Teana
|
|||
250 XV - V6 A/T
|
2.498
|
180
|
496.450.000
|
Grand Livina
|
|||
1.5 S M/T
|
1.498
|
109
|
162.000.000
|
1.5 XV
M/T
|
1.498
|
109
|
187.000.000
|
1.5 XV
A/T
|
1.498
|
109
|
197.000.000
|
1.5
Ultimate A/T
|
1.498
|
109
|
212.000.000
|
1.5 SV
M/T
|
1.498
|
109
|
172.000.000
|
1.5 SV
A/T
|
1.498
|
109
|
182.000.000
|
1.8 HWS
M/T Autech
|
1.798
|
128
|
235.900.000
|
1.8 HWS
A/T Autech
|
1.798
|
128
|
243.200.000
|
1.5 HWS
M/T Autech
|
1.498
|
109
|
202.600.000
|
1.5 HWS
A/T Autech
|
1.498
|
109
|
212.600.000
|
Livina X-Gear
|
|||
1.5
X-gear M/T
|
1.498
|
109
|
189.650.000
|
1.5
X-gear A/T
|
1.498
|
109
|
196.600.000
|
Livina
|
|||
1.5 XR
M/T
|
1.498
|
109
|
175.700.000
|
1.5 XR
A/T
|
1.498
|
109
|
182.750.000
|
3) Analisis Strategi Nissan
Grand Livina
Pasar mobil keluarga yang dapat menampung
penumpang dalam jumlah banyak merupakan pasar dengan permintaan potensial yang
sangat besar, dengan penguasaan pasar mencapai 75% dari total pasar mobil
secara keseluruhan. Hal ini telah membuat banyak produsen mobil berlomba-lomba
untuk merebut “market share” MPV. Mengutip data penjualan mobil secara
nasional bulan april tahun 2007, mayoritas dikuasai oleh jenis MPV, penjualan
mini-MPV sekitar 36 ribu unit, MPV 14 ribu unit, SUV (sport utility vehicle)
8.200 unit.
Pesaing diantaranya : Kijang Innova,
Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova masih menguasai
pasar jenis MPV dengan penguasaan pasar sebesar 80%.
4) Strategi yang
diimplementasikan
Varian yang diluncurkan dalam pasar mobil
keluarga, dan harga yang kompetitif dengan target masyarakat menengah kebawah, untuk dapat bersaing ketat dengan pesaing diantaranya, Kijang Innova,
Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dimana Toyota Kijang Innova yang masih menguasai
pasar jenis ini dengan penguasaan pasar sebesar 80%
5) Analisa SWOT
POSITIVE
STRENGTHS / KEKUATAN :
·
TECHNOLOGICAL SKILL
Mobil Grand Livina menggunakan teknologi:
ABS,
Anti Lock Braking System, system yang berfungsi pada saat kita melakukan pengereman
mendadak, dimana sistem ABS akan memompa rem sebanyak puluhan kali per detik
agar roda tidak mengunci sehingga arah dan laju kendaraan tetap dapat
terkendali.
EBD,
Electronic Brake-force Distibution, beberapa sensor yang ditempatkan untuk memantau
bobot keseluruhan kendaraan beserta muatan untuk kemudian menyalurkan daya
pengirimanyang sesuai untuk deselerasi yang lebih stabil serta berimbang.
BA,
Brake Assist,
Sistem tahu kapan daya pengereman maksimum harus digunakan dengan memantau
seberapa cepat pedal rem diinjak. Saat pedal rem diinjak mendadak, sistem BA
akan memberikan daya pengereman tambahan yang dibutuhkan.
Ketiga
safety feature (ABS, EBD dan BA) diatas ditambah dengan Airbag hanya terdapat pada
varian Grand Livina Ultimate. Sedangkan safety feature yang standar pada Nissan
Grand Livina adalah: Side Impact
Bar dan Collapsible
Steering Column.
Side
Impact Bar
adalah pelindung pintu samping yang terbuat dari pipa baja yang sangat kuat
melindungi penumpang terhadap benturan dari arah samping.
Collapsible
Steering Column
yang bekerja pada saat terjadi benturan keras dari arah depan, batang kemudi
akan turun dengan sendirinya sehingga tubuh pengemudi tidak akan menghantam
roda kemudi.
·
LEADING BRANDS
Brand description yakni deskripsi tentang asosiasi dan
keyakinan konsumen terhadap suatu merek tertentu (Tjiptono, 1997). Brand
Personality (keprobadian merek) adalah sekumpulan asosiasi merek yang
terbentuk dan melekat dibenak konsumen. Dari pengertian tersebut dapat
diketahui bahwa brand personality merupakan sekumpulan asosiasi yang
dipersepsikan oleh konsumen terhadap merek tertentu (Rangkuti, 2004).
Kepribadian merek atau brand personality adalah
topik yang menarik dan penting dalam penelitian bidang marketing saat ini
karena dapat membantu untuk mem
bedakan merek dengan merek lainnya, membangun
aspek emosional, dan memperbesar makna personal suatu merek. Kepribadian merek
sebagai kumpulan karakteristik manusia yang dikaitkan atau dihubungkan dengan
merek (Aaker, 1997).
Brand personality bisa dibangun jika brand atau merek
benar-benar di-maintain dengan baik oleh perusahaan. Selain itu, bagaimana
suatu merek mampu memberikan kualitas dan harapan yang diinginkn oleh konsumen.
Jika suatu merek mampu menunjukkan dan mempertahankan nilainya, maka ia akan
mampu bertahan ditengah persaingan. Namun perlu diingat pula, diperlukan
inovasi dan kreativitas dalam membangun nilai suatu merek atau brand dan
yang terpenting adalah konsistensi serta kontinuitas dalam membangun sebuah
merek atau brand. Perlu diingat bahwa aktivitas membangun sebuah brand
adalah suatu proses yang membutuhkan wahtu yang tidak sedikit, aktivitas
membangun nilai brand adalah aktivitas yang sifatnya jangka panjang.
Brand personality berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen.
2012
Top Rising Brands: Apple, Amazon, Samsung, Nissan, Oracle
Nissan (+30%): Nissan recovered quickly from last
year’s natural disasters in Japan and grew its market share by pushing the
envelope on innovation and by creating bold vehicle designs like that of the
Nissan Juke. Nissan’s ability to overcome challenges and continually innovate
caught the attention of consumers and helped increase its brand value by 30%.
Nissan Masuk Nominasi
Greatest Brands of The Decade
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dinominasikan sebagai
“Greatest Brands of the Decade” di kategori otomotif oleh Marketeers Award.
Sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc (The First
ASEAN Marketing Professional Services Firm) bekerjasama dengan Marketeers (The
Connecting Platform for Marketers) sebagai bentuk wujud apresiasi kepada corporate
dan product brands dari berbagai kategori industri, yang tetap tampil prima
sepanjang tahun 2000-2009.
Penganugerahan ini diberikan bukan kepada brand-brand
biasa, namun yang terbaik. Bukan pula brand-brand yang dikenal sekedar sebagai
good brand, namun dihormati sebagai great brand.
Lolosnya NMI dalam nominasi penghargaan ini dikarenakan NMI mampu mempertahankan brand Nissan di Indonesia sejak tahun 2000 hingga tahun 2009 dengan performa yang baik. Dan selama perjalanan 9 tahun tersebut, NMI menyimpan cerita bisnis fenomenal seperti turnaround, superlative growth, tetap tegar setelah transformasi bisnis, menjadi trend-setter, atau cerita lainnya yang menjadikannya sebuah benchmark di industri yang digeluti.
Lolosnya NMI dalam nominasi penghargaan ini dikarenakan NMI mampu mempertahankan brand Nissan di Indonesia sejak tahun 2000 hingga tahun 2009 dengan performa yang baik. Dan selama perjalanan 9 tahun tersebut, NMI menyimpan cerita bisnis fenomenal seperti turnaround, superlative growth, tetap tegar setelah transformasi bisnis, menjadi trend-setter, atau cerita lainnya yang menjadikannya sebuah benchmark di industri yang digeluti.
Tak ketinggalan juga, brand Nissan memiliki reputasi
sebagai thought-leader atau market-leader yang tidak mudah untuk digoyahkan di
industrinya, sepanjang tahun 2000 hingga tahun 2009.
·
DISTRIBUTION CHANNELS
Sangat
banyak dan tersebar merata sampai ke luar jawa
JABODETABEK
|
LUAR JABODETABEK
|
NISSAN Batu Ceper (Showroom)
|
NISSAN Istana (Showroom, Service Center)
|
Jl. Batu Ceper No. 32, Jakarta Pusat
|
Senin - Jumat (08.00 - 17.00)
|
(021) 380 4002
|
Sabtu (08.00 - 15.00)
|
|
Telp Appointment (0711) 411 556
|
NISSAN Bintaro (Showroom, Service Center)
|
Jl. Demang Lebar Daun No. 24, Palembang -
30137
|
Senin - Sabtu (08.00 - 17.00)
|
(0711) 415 369
|
Minggu (08.00 - 16.00)
|
|
Telp Appointment (021) 745 3711, 7007 0702
|
NISSAN Lubuk Linggau (Showroom, Sercive
Center)
|
Jl. HR. Rasuna Said, CBD Bintaro Blok A5-11
Bintaro Jaya Sektor VII Tangerang
|
Jl. Yos Sudarso Kelurahan Taba Jemekeh,
Kecamatan Lubuk Linggau Timur, Sumatera Selatan
|
(021) 7486 2629 (hunting)
|
|
|
NISSAN Khatib Sulaiman (Showroom, Service
Center)
|
NISSAN BSD (Showroom, Service Center)
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
Sabtu (08.30 - 13.30)
|
Sabtu (08.00 - 15.00)
|
Telp Appointment (0751) 9888 000
|
Minggu (09.00 - 15.00)
|
Jl. Khatib Sulaiman No.97 - Padang, Sumbar
25221
|
Telp Appointment (021) 531 53 402, 088 210
5353 02
|
(0751) 705 6745
|
Jl Raya Serpong Kav. VII C No.12, Lengkong
Gudang, Serpong
|
|
(021) 531 53401
|
NISSAN Adam Malik (Showroom, Service
Center)
|
|
Jl. H. Adam Malik No. 193 Pulo Brayan Kota
- Medan
|
NISSAN Cibubur (Showroom, Service Center)
|
(061) - 664 0000
|
Senin - Sabtu (08.00 - 16.30)
|
|
Minggu (09.00 - 16.00)
|
NISSAN Gatot Subroto (Showroom, Service
Center)
|
Telp Appointment (021) 8392 0123
|
Senin - Jumat (08.30 - 17.00)
|
Jl. Alternatif Cibubur Rt 001 / 07 Kp.
Nanggewer, Ds. Nagrak – Gunung Putri
|
Sabtu (08.30 - 13.30)
|
(021) 823 4370
|
Telp Appointment (061) 452 92 51
|
|
Jl.
Gatot Subroto No. 148, Petisah Tengah, Medan 20112
|
NISSAN Cikarang (Showroom, Sercive Center)
|
(061) 455 8988
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
|
Jumat (08.30 - 17.00)
|
NISSAN Gorontalo (Showroom, Sercive
Center)
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
Jl. Nani Wartabone No. 41, Gorontalo
|
Telp Appointment (021) 91302573
|
(0435) 828799
|
Jl. MH Thamrin NO 200 B LIPO Cikarang
Bekasi 17555
|
|
(021) 89117601
|
NISSAN Martadinata (Showroom, Service
Center)
|
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
NISSAN Ciledug (Showroom)
|
Sabtu (08.30 - 14.30),
|
Jl. Ciledug Raya 18 /H-1, RT003/03
Kel.Pesanggrahan - Kec.Petukangan Selatan
|
Telp Appointment (0431) 87 87 55
|
|
Jl. Martadinata - Paal Dua Kel. Dendengan
Luar, Kec. Tikala - Manado
|
NISSAN Cimone (Showroom, Service Center)
|
(0431) 878 755
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
NISSAN Arengka (Showroom, Service Center)
|
Telp Appointment 0817 607 4003
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
Jl Merdeka No. 2/125, Cimone, Tangerang
15114
|
Sabtu - Minggu (08.00 - 14.30)
|
(021) 557 60606
|
Telp Appointment (0761) 57 22 88
|
|
Jl.
Soekarno Hatta No. 38, Pekanbaru - 28291
|
NISSAN Cinere (Showroom, Service Center)
|
(0761) 572 277
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
NISSAN Batam (Showroom, Service Center)
|
Telp Appointment (021) 833 969 00
|
Jl. Yos Sudarso, Sei Baloi, Batam 29432
|
Jl. Limo Raya kav 95 Limo Depok, (Samping
Samsat Cinere)
|
(0778) 421 206
|
(021) 753 4137
|
|
|
NISSAN Ahmad Yani (Showroom, Service
Center)
|
NISSAN Ciputat (Showroom)
|
Senin - Jumat (07.30 - 16.30)
|
Jl. Insinyur H. Juanda, Tangerang
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
|
Telp Appointment (031) 9200 2323
|
NISSAN Daan Mogot (Showroom, Sercive
Center)
|
Jl. Ahmad Yani 248 Surabaya - Jawa Timur
|
Senin – Kamis : 08.00 – 16.00
|
(031) 827 4300, 827 4399, 827 3588
|
Jumat : 08.00 – 16.30
|
|
Sabtu : 08.00 – 14.00
|
NISSAN Basuki Rahmat (Showroom, Service
Center)
|
Jl. Daan Mogot 125, Kedawung Kali Angke
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
(021) 29211111
|
Sabtu (08.00 - 14.00)
|
|
Minggu (09.00 - 15.30)
|
NISSAN Depok (Showroom, Service Center)
|
Telp Appointment (031) 774 25 800
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
Jl. Basuki Rahmat No. 14 - Surabaya
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
(031) 547 0762 / 547 0707
|
Telp Appointment (021) 4090 9810
|
|
Jl. Margonda Raya No.487, Depok
|
NISSAN H.R. Muhammad (Showroom)
|
|
Jl. HR. Mohammad 30 - Surabaya
|
NISSAN Fatmawati (Showroom)
|
|
Jl. RS Fatmawati Raya No. 60, Jakarta
Selatan
|
NISSAN Jember (Showroom, Service Center)
|
(021) 759 11088
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
NISSAN Halim (Service Center)
|
Telp Appointment 0881 8416 747
|
Senin - Sabtu (07.30 - 16.30)
|
Jl. Hayam Wuruk No.181-183, Kel. Mangli,
Kec. Kaliwates, Jember - Jawa Timur
|
Minggu (08.30 - 14.30)
|
(0331) 412 828
|
Telp Appointment (021) 801 7315, 8556 8866
|
|
Jl. Halim Perdanakusuma No. 1A
|
NISSAN Jemursari (Showroom, Service Center)
|
(021) 801 7320
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
NISSAN Harapan Indah (Showroom)
|
Telp Appointment (031) 9254 2299
|
Ruko Grand Boulevard Blok AT 16 No. 32 - 33
Asia Tropis, Harapan Indah, Bekasi
|
Jl. Raya Jemursari No. 335-337, Kel.
Sidosermo, Kec. Wonocolo, Surabaya-Jawa Timur
|
|
(031) 8490549
|
NISSAN Jatake (Showroom, Sercive Center)
|
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
NISSAN Kediri (Showroom, Service Center)
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
Jl. Joyoboyo 55, Kediri
|
Telp Appointment (021) 5565 5680
|
(0354) 695560
|
Jl. Gatot Subroto km.8, Tangerang
|
|
(021) 55655680
|
NISSAN Mojokerto (Showroom)
|
|
Jl. HOS Cokroaminoto No. 27, Mojokerto,
Jawa Timur
|
NISSAN Kebon Jeruk (Showroom, Service
Center)
|
(0321) 333339
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.00 - 15.00)
|
NISSAN S. Parman (Showroom, Service Center)
|
Minggu (09.00 - 15.00)
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
Telp Appointment (021) 9113 2723
|
Jumat (08.30 - 17.00)
|
BBM 3318DF9A
|
Sabtu (08.30 - 13.30)
|
Jl. Arteri Kelapa Dua No. 31, Kebon Jeruk
|
Telp Appointment (0341) 496 101
|
(021) - 536 2201, (021) - 532 4759
|
Jl. S. Parman 53-55
|
|
(0341) 490 181
|
NISSAN Kelapa Gading (Showroom, Service
Center)
|
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
|
NISSAN P. Hidayat (Showroom, Service
Center)
|
Sabtu (08.00 - 14.00)
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
Minggu (09.00 - 15.00)
|
Jumat (08.30 - 17.00)
|
Telp Appointment (021) 6060 3088
|
Sabtu (08.30 - 13.30)
|
Jl. Boulevard Barat Raya XC-8 No.1-2,
Kelapa Gading
|
Telp Appointment (0741) 974 6000
|
(021) 458 53088
|
Jl. Pangeran Hidayat Rt. 007, Paal Lima
Kota Baru, Jambi
|
|
(0741) - 424 52
|
NISSAN MT. Haryono (Showroom)
|
|
Jl. MT. Haryono kav. 10, Jakarta 13330
|
NISSAN Mlati (Showroom, Service Center)
|
(021) 856 4760, (021) - 856 6174
|
Senin - Jumat (08.00 - 17.00)
|
|
Sabtu (08.00 - 16.00)
|
NISSAN Pajajaran (Showroom, Service Center)
|
Telp Appointment (0274) 9181 356
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
Jl. Magelang km. 10 Bangunrejo, Tridadi,
Sleman, Jogjakarta
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
(0274) 4360 123
|
Telp Appointment (0251) 833 5173
|
|
Jl. Raya Pajajaran, Babakan - Bogor Tengah,
Bogor, Jawa Barat
|
NISSAN Tegalrejo (Showroom)
|
(0251) 832 6175 (hunting)
|
Jl. Magelang No. 57 Kricak, Tegalrejo, DI
Yogyakarta
|
|
(0274) 515086
|
NISSAN Pantai Indah Kapuk (Showroom,
Service Center)
|
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
NISSAN Gunung Malang (Showroom, Service
Center)
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
Minggu (09.00 - 15.00)
|
Jumat (08.00 - 17.00)
|
Telp Appointment (021) 6060 1360
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
Jl. Pantai Indah Selatan I - ST/A, Pantai
Indah kapuk
|
Telp Appointment (0542) 913 0132
|
(021) 588 1366 (hunting)
|
Jl. Letjen Sutoyo No. 39 A. Klandasan Ilir
Balikpapan - 76113
|
|
(0542) 424 897
|
|
|
|
NISSAN Sempaja (Showroom, Service Center)
|
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
|
Jumat (08.00 - 17.00)
|
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
|
Telp Appointment (0541) 7777 000
|
|
Jl. KH. Wahid Hasyim Rt . 13, Kel. Sempaja
Selatan, Samarinda, Kaltim
|
|
0541-7777000
|
|
|
NISSAN Majapahit (Showroom, Sercive Center)
|
NISSAN Gatsu (Showroom, Service Center)
|
Jl. Brigjen Sudiarto 127, Gayamsari,
Semarang
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
(024) 6710900
|
Sabtu (08.30 - 13.30)
|
|
Telp Appointment 0857 3974 0908
|
NISSAN Pekalongan (Showroom, Sercive
Center)
|
Jl. Gatot Subroto Barat No. 416xx, Ubung,
Denpasar Utara, Bali
|
Jl. Dr Sutomo RT 005 RW 013 Desa Sukorejo,
Kecamatan Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
|
(0361) 423 143
|
(0285) 429377
|
|
|
NISSAN Nusa Dua (Showroom, Service Center)
|
NISSAN Puri Anjasmoro (Showroom, Service
Center)
|
Jl. Bypass Ngurah Rai No. 79, Kedongan
Kuta, Kab. Badung, Bali
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
(0361) 704785
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
|
Telp Appointment (024) 7615 800
|
NISSAN Sandubaya (Showroom, Service Center)
|
Jl. Madukoro No. 4-5 (Komp. PRPP), Semarang
|
Jl. Sandubaya No. 47, Kecamatan Sandubaya,
Kodya Mataram, Lombok
|
(024) 761 5200
|
(0370) 671123, 672123
|
|
|
NISSAN Purwokerto (Showroom, Service
Center)
|
NISSAN Kendari (Showroom, Service Center)
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
|
Jl. Laode Hadi By Pas Bonggoeya, Wua-Wua,
Kendari
|
Sabtu (08.00 - 14.00)
|
(0401) 3196805
|
Telp Appointment (021) 920 0052
|
|
Jl. Gerilya Timur No.52, Purwokerto Jawa
Tengah
|
NISSAN Pettarani (Showroom, Service Center)
|
(0281) 640 102
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
NISSAN Solo Baru (Showroom, Service Center)
|
Telp Appointment (0411) 425 777
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
Jl. AP. Pettarani No. 116 Makasar - 90222
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
(0411) 425 777
|
Telp Appointment (0271) 6727906
|
|
Jl. Palem Raya Solo Baru, Langenharjo,
Grogol , Sukoharjo
|
NISSAN Labuhan Ratu (Showroom, Service
Center)
|
(0271) 6727908
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
|
|
Sabtu (08.00 - 14.00),
|
NISSAN IST Bandung 1 (Showroom, Service
Center)
|
Telp Appointment (0721) 707 310
|
Senin - Jumat (08.15 - 16.30)
|
Jl. Z. A. Pagar Alam No. 6 Bandar Lampung -
35142
|
Sabtu (08.15 - 12.30)
|
(0721) 707310 (Hunting)
|
Telp Appointment (022) 520 77 77
|
|
Jl. Soekarno Hatta No. 382 - Bandung
|
NISSAN A. Yani (Showroom, Service Center)
|
(022) 520 7777
|
Senin - Jumat (08.30 - 17.00)
|
|
Sabtu (08.30 - 16.00)
|
NISSAN IST Bandung 2 (Showroom)
|
Telp Appointment (0511) 724 0243
|
Jl. Abdurachman Saleh No. 32 - Bandung
|
Jl. Ahmad Yani Km. 5,5 Rt. 015 Pemurus
Luar, Banjarmasin Timur, Banjarmasin 70249
|
(022) 603 0220
|
(0511) 325 098
|
|
|
NISSAN Juanda (Showroom, Sercive Center)
|
NISSAN A. Yani (Showroom, Service Center)
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
Senin - Jumat (08.00 - 16.30)
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
Sabtu (08.00 - 15.00)
|
Telp Appointment (0265) 2350 777
|
Telp Appointment (0561) 581 901
|
Jl. Ir. H. Juanda No. 465, Linggajaya -
Mangkubumi
|
Jl. Arteri Supadio No. 8B Sungai Raya -
Pontianak
|
0265 - 2350 777
|
(0561) 581 168
|
|
|
NISSAN Kedawung (Showroom, Service Center)
|
NISSAN Jati (Showroom, Service Center)
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
Senin - Kamis (08.30 - 16.30)
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
Jumat (08.30 - 16.30)
|
Telp Appointment 0821 2808 8881
|
Sabtu (08.30 - 15.00)
|
Jl. Brigjend. Darsono No. 5 Kedawung
Cirebon
|
Telp Appointment (0291) 430 588 / 0858 767
2222 9
|
(0231) 488 881, 489 400
|
Jl. Ragil Kusumadya KM.4, Jati Kudus, Jawa
Tengah
|
|
(0291) 430 588
|
NISSAN Kerawang (Showroom, Service Center)
|
|
Jl. Interchange Desa Wadas Kec.Teluk Jambe
Timur Karawang
|
NISSAN Jebres (Showroom, Service Center)
|
|
Senin - Jumat (08.30 - 16.30)
|
NISSAN Veteran (Showroom, Service Center)
|
Sabtu (08.30 - 14.30)
|
Senin - Jumat (08.15 - 16.30)
|
Telp Appointment (0271) 70 444 85
|
Sabtu (08.15 - 12.30)
|
Jl. Kol. Sutarto No. 48, Jebres, Solo, Jawa
Tengah
|
Telp Appointment 0815 7300 1234
|
(0271) 644 485
|
Jl. Veteran No 51, 55 & 69 blk, Bandung
|
|
(022) 421 2143
|
|
·
ADDED VALUE
Sebagai
bentuk apresiasi kepada Customer atas kepercayaan dalam menggunakan kendaraan
Nissan, Pemilik Nissan Certified Car juga akan menjadi bagian dari database
nasional sejarah layanan Nissan, yang menyimpan sejarah perawatan pribadi
setiap kendaraan.
ERA 24 (Emergency Road Assistance 24 Hours)
Layanan
Darurat & Layanan Gendong 24 Jam dari Nissan yang menjamin kenyamanan
pelanggan bila kendaraan yang digunakan mengalami gangguan/kerusakan di jalan.
Fasilitas
yang diberikan :
·
Gratis layanan darurat 24 jam
atas kerusakan kendaraan di jalan bagi anggota di Jabotabek, Bandung, Surabaya,
Cirebon, Semarang, Jogja, Denpasar, dan Medan
·
Gratis layanan gendong (carrying
truck) 24 jam bagi anggota di Jabotabek, Bandung, Surabaya, Cirebon,
Semarang, Jogja, Denpasar, dan Medan. jika kerusakan tidak dapat ditangani di
jalan, atas rujukan petugas ERA24H
·
Gratis konsultasi masalah teknik
kendaraan
1 Year Extended Warranty
Nissan Certified Car memberikan Jaminan Mesin
Kendaraan untuk setiap kendaraan yang dibeli. Jaminan ini secara teknis dimulai
pada tanggal pembelian kendaraan dan berlaku untuk 1 tahun kedepan sesuai
dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Layanan Pemeliharaan Awal
Kendaraan
12 Item yang termasuk dalam Layanan Pemeliharaan
Awal Kendaraan merupakan salah satu bentuk apresiasi Nissan kepada Customer
karena telah percaya akan kualitas dan keandalan Nissan Certified Car.
Nissan Insurance
adalah produk asuransi kendaraan bermotor yang
khusus dirancang bagi kendaraan Nissan dengan segala kelebihan sehingga
memberikan jaminan perlindungan asuransi yang lengkap dan nyaman bagi Anda.
Bagi Anda pemilik mobil Nissan sudah selayaknya mendapatkan perlindungan terpercaya
dari Nissan Insurance.
Banyak jaminan perlindungan “istimewa” yang
bisa Anda nikmati yang berbeda dengan asuransi kendaraan bermotor lainnya
:
- Kemudahan aplikasi. Cukup mengisi formulir di dealer Nissan pilihan
Anda
- Proses klaim mudah. Dalam setiap pengajuan klaim, nasabah cukup
menghubungi Hotline (021) 31 999 100 atau Dealer Nissan terdekat
- Perbaikan kendaraan di bengkel resmi Nissan (authorized). Ditangani
langsung oleh teknisi ahli dari Nissan serta jaminan kualitas dan keaslian
spare part
- Premi kompetitif, jaminan luas. Pilihan jaminan yang ditawarkan
adalah Comprehensive (Gabungan)
- Manfaat tambahan. New for Old Program (6 Bulan), Mobile Claim
Service, Layanan Bantuan Darurat 24 Jam (Jabodetabek) untuk perbaikan kendaraan
dan jasa derek serta Ambulan apabila mengalami kecelakaan.
Nissan Insurance merupakan produk khusus
mobil Nissan yang dapat diperoleh di dealer Nissan seluruh Indonesia.
Produk ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk asuransi
lainnya, berupa jasa servis gratis dari Nissan.
Perbaikan kendaraan ditangani langsung oleh
teknisi ahli dari Nissan serta jaminan kualitas pengerjaan sesuai standar
Nissan dan keaslian spare part.
Dengan menjadi pemegang polis Nissan Insurance
maka secara otomatis Anda mendapatkan Voucher gratis biaya jasa service sampai
dengan 50.000 km. Anda tinggal membawa voucher tersebut kepada bengkel resmi
Nissan, untuk mendapatkan jasa service secara gratis.
Selain Penumpang, produk Nissan Insurance
memberikan jaminan asuransi kecelakaan diri bagi pengemudi akibat kecelakaan
dengan maksimum jaminan adalah 10 juta rupiah. Produk Nissan Insurance
hanya memberikan jaminan untuk penumpang dan pengemudi maksimal 5 orang.
·
PRODUCTION QUALITY
Part Asli Nissan
Pabrikan Nissan mengklaim bahwa
Part Asli Nissan penuh performa yang dapat diandalkan dari:
1. Teknologi automotive terkini
2. Pengujian produk yang sangat
teliti
3. Proses pembuatan yang
menggunakan komponen berkualitas tinggi
163 Check Points
Dalam rangka memenuhi standar yang ketat dari
program Nissan Certified Car, setiap kendaraan yang ditawarkan telah melalui
serangkaian pemeriksaan lengkap (163 Check Points) untuk meyakinkan pelanggan
akan kepercayaan, keandalan, dan kualitas Nissan Certified Car.
OPPORTUNITIES / PELUANG
• NEW DISTRBUTION CHANNELS
Dengan dibukanya
showroom dan bengkel baru Nissan, diharapkan dapat lebih dekat dengan (calon)
konsumen, dan menarik sejumlah besar calon konsumen untuk membeli produk
Nissan.
NEGATIVE
WEAKNESSES / KELEMAHAN
Desain
Nissan Grand Livina yang berpenggerak depan mempunyai kecendrungan understeer
saat menikung, perlu berhati-hati dan berkonsentrasi penuh saat menikung dengan
speed tinggi. Dan apabila terjadi understeer saat melahap tikungan, jangan
panik, lakukan perlambatan sampai ban terasa mencengkram kembali, kurangi steer
perlahan dan jangan melakukan pengereman yang keras.
Bagi yang hendak memilih Grand Livina 1.500 cc manual, Anda perlu
memperhatikan kondisi transmisinya. Pasalnya, pada tipe ini kerap ditemui
masalah ketimbang model lainnya. Salah satunya adalah bunyi yang cukup
mengganggu.
Memang Nissan hendak mengedepankan konsep irit pada Grand Livina dengan menggunakan transmisi yang efisien. Salah satu cara mengurangi beban mesin adalah dengan membuat celah antar-gigi transmisi yang bersinggungan dibuat sesedikit mungkin agar kerugian gesekan dapat diminimalkan.
Sayangnya, transmisi yang diproduksi Renault ini dibuat dengan memperhitungkan kondisi di Eropa. Dimana suhu udara tidak terlampau tinggi sehingga sesuai dengan jenis oli yang digunakan. Berbeda dengan Indonesia, iklim tropis membuat suara berisik menjadi timbul. Dalam beberapa kasus, pelumasan di dalam transmsi menjadi kurang optimal dan berbuntut terhadap kerusakan.
Memang Nissan hendak mengedepankan konsep irit pada Grand Livina dengan menggunakan transmisi yang efisien. Salah satu cara mengurangi beban mesin adalah dengan membuat celah antar-gigi transmisi yang bersinggungan dibuat sesedikit mungkin agar kerugian gesekan dapat diminimalkan.
Sayangnya, transmisi yang diproduksi Renault ini dibuat dengan memperhitungkan kondisi di Eropa. Dimana suhu udara tidak terlampau tinggi sehingga sesuai dengan jenis oli yang digunakan. Berbeda dengan Indonesia, iklim tropis membuat suara berisik menjadi timbul. Dalam beberapa kasus, pelumasan di dalam transmsi menjadi kurang optimal dan berbuntut terhadap kerusakan.
Usia kendaraan yang belum genap 3 tahun, Nissan Grand Livina
cenderung memiliki kualitas kendaraan dalam kondisi baik. Namun Anda
perlu mengetahui beberapa karakter dari MPV Nissan ini. Salah satunya adalah
tidak akurasinya indikator bensin di dasbor.
Selain itu, karakter suspensi, kadang terdengar suara, “Bletak” saat melewati gundukan jalan dalam kecepatan rendah. Ini disebabkan oleh jarak main sokbreker yang terlampau tinggi sehingga saat rebound, travel sokbreker berada dititik maksimal.
Sedangkan ban standarnya memiliki karakter yang kurang baik saat menghadapi genangan air. Nah, bila ada kesempatan untuk mengganti ban standar akibat usia pakai yang mulai habis, tentu hal ini akan membuatnya lebih baik.
Selain itu, karakter suspensi, kadang terdengar suara, “Bletak” saat melewati gundukan jalan dalam kecepatan rendah. Ini disebabkan oleh jarak main sokbreker yang terlampau tinggi sehingga saat rebound, travel sokbreker berada dititik maksimal.
Sedangkan ban standarnya memiliki karakter yang kurang baik saat menghadapi genangan air. Nah, bila ada kesempatan untuk mengganti ban standar akibat usia pakai yang mulai habis, tentu hal ini akan membuatnya lebih baik.
THREATS / ANCAMAN
•
CHANGES IN GOVERNMENT
POLITICS
VIVAnews (Rabu, 26 Desember 2012 |
13:54 WIB ) - Pemerintah menyiapkan insentif cukai untuk produk mobil low cost dan green car. Ini merupakan bentuk
kompensasi terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
"Pemerintah memutuskan pemberian insentif berupa keringan cukai bagi produsen otomotif yang dapat membuat kendaraan atau produk-produk low cost (murah dan irit) dan green car (ramah lingkungan)," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantor Kementerian Perindustian, Jakarta, Jumat 2 Maret 2012.
Hatta menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan, sehingga nantinya industri otomotif khususnya dalam negeri dapat berkembang dengan baik.
"Kita tadi sudah sepakat dengan Menteri Keuangan, untuk menyikapinya dengan cukai, sehingga dapat mendorong penggunaan kendaraan low cost dan green car di industri-industri dalam negeri," katanya.
Menteri Keuangan Agus Martawardojo mengatakan, pemberian insentif ini nantinya akan diberikan kepada seluruh produsen kendaraan dalam negeri, tanpa terkecuali.
"Pemerintah memutuskan pemberian insentif berupa keringan cukai bagi produsen otomotif yang dapat membuat kendaraan atau produk-produk low cost (murah dan irit) dan green car (ramah lingkungan)," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantor Kementerian Perindustian, Jakarta, Jumat 2 Maret 2012.
Hatta menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan, sehingga nantinya industri otomotif khususnya dalam negeri dapat berkembang dengan baik.
"Kita tadi sudah sepakat dengan Menteri Keuangan, untuk menyikapinya dengan cukai, sehingga dapat mendorong penggunaan kendaraan low cost dan green car di industri-industri dalam negeri," katanya.
Menteri Keuangan Agus Martawardojo mengatakan, pemberian insentif ini nantinya akan diberikan kepada seluruh produsen kendaraan dalam negeri, tanpa terkecuali.
Insentif
fiskal diberikan agar para investor dapat segera menghitung berapa besar
investasinya dalam membuat kendaraan. "Karena investasinya sangat
besar," kata Agus. (adi
• BANYAKNYA
PESAING
Komparasi Mobil Keluarga di Bawah Rp 200 juta
Pilihan
mobil keluarga dengan rentang Harga dibawah Rp. 200 juta kini kian banyak dan
menyulitkan konsumen untuk memilihnya. Berbagai jenis mobil memiliki kelebihan
dan kekurangannya masing-masing, apalagi di pasar yang sangat basah di
Indonesia ini ATPM selalu memberikan penawaran-penawaran menarik untuk calon
pembeli kendaraan. Karena sebentar lagi momentumnya sangat baik menjelang mudik
lebaran untuk memilih mobil. Saya mencoba menuliskan kekurangan dan kelebihan
masing-masing kendaraan yang layak anda dipilih di rentang harga dibawah Rp.
200 juta. Review dan komparasi ini saya buat berdasarkan pengalaman mencoba
mobil-mobil tersebut secara langsung karena saya bekerja di Rental
Mobil Jakarta. Nah, dari situ saya hampir mencoba semua jenis
mobil yang cukup laris di Indonesia.
1.
Toyota Avanza / Daihatsu Xenia
Siapa
yang tidak kenal dengan mobil sejuta umat ini? Mobil ini terkenal lincah, irit,
mudah perawatannya dan memiliki resale value yang sangat tinggi. Disini saya
garis bawahi bagi anda yang menginginkan mobil dengan harga jual kembali yang
tidak terlalu jauh perbedaannya dengan harga pembelian. Toyota Avanza merupakan
pilihan wajib dan anda tidak perlu ragukan lagi, namun untuk Xenia harga jual
kembali tidak sebaik Avanza.
Mobil
yang belum lama ini mengalami pergantian model pada tahun 2011 akhir ini
mengalami pendewasaan yang cukup baik. Kita tidak akan lagi menemukan kelemahan
suspensi Avanza / Xenia yang mental-mentul, atau pintu belakang yang sulit
dibuka karena harus menggunakan switch dibawah jok pengemudi, ataupun model
interior yang terlihat seadanya dan murah. Kini Toyota memperbaiki itu semua di
mobil Avanza terbaru.
Avanza
dan Xenia terbaru bisa saya bilang cukup nyaman untuk sebuah mobil keluarga.
Apalagi untuk anda yang suka berpergian jauh, mobil ini telah dilengkapi dengan
AC Double Blower yang menjangkau hingga penumpang belakang. Termasuk Xenia kini
telah dilengkapi dengan AC Double Blower juga untuk tipe 1.300 cc VVT-i.
Soal performa mesin tidak perlu diragukan lagi. Mesin Toyota Avanza sudah
dikenal irit dan bertenaga untuk tipe mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Tapi untuk
mesin Xenia 1.000 cc saya kurang merekomendasikan lantaran tenaganya yang kurang,
suara yang menderu dan lebih boros karena rasio bobot dan tenaga yang tidak
berimbang.
Kekurang
mobil ini menurut saya ada beberapa kelemahan di bagian interior, terutama
untuk penumpang. Pertama, mobil ini menggunakan bahan jok kursi yaang lebih
tipis dan terlihat ringkih. Posisi duduk juga kurang nyaman lantaran bentuk
kursi yang kaku dan tidak berstuktur sesuai bentuk lekuk badan. Kedua, bagian
paling fatal dari mobil ini ada di penumpang belakang. Untuk anda yang memiliki
tinggi lebih dari 170 cm, kepala anda akan menyentuh bagian atap kendaraan
karena bentuk atap yang landai ke belakang. Padahal ini tidak akan anda temukan
di model sebelumnya.
Plus:
·
Harga
jual kembali
·
Mesin
1.300 cc & 1.500 cc yang irit dan bertenaga
·
Suspensi
yang lebih baik
·
Sparepart
mudah dan murah
Minus:
·
Kursi
yang semakin tipis
·
Kepala
penumpang belakang mentok dengan atap
·
Mesin
1.000 cc yang tidak bertenaga dan berisik
·
Bagasi
sempit
2.
Nissan Grand Livina
Mobil
ini sudah cukup lama berseliweran di kota Jakarta sejak tahun 2007 silam.
Kehadirannya memberikan nuansa baru bagi otomotif Indonesia terutama untuk yang
menginginkan mobil keluarga yang sangat nyaman untuk kebutuhan dalam kota. Saya
sebenarnya sangat menyukai mengendarai Nissan Grand Livina lantaran karena
memiliki rasa seperti membawa sebuah sedan; suspensi yang lembut, pengendalian
mantap, kabin yang hening, mesin yang halus, bertenaga dan sangat irit.
Pokoknya jika anda mengendarai mobil ini, anda seperti merasa membawa sebuah
sedan dibandingkan dengan mobil keluarga 7 penumpang. Terutama untuk tipe
manualnya yang memiliki pedal kopling sangat ringan.
Sayang,
tiada gading yang tak retak. Meskipun mobil ini sangat nyaman dikendarai,
masalah dimensi mobil yang paling kecil dibandingkan MPV sekelasnya membuat
mobil ini masih kalah dibandingkan kompetitornya. Terutama pada kursi belakang
yang sempit dan tidak cocok untuk ditempati 3 orang dewasa. Belum lagi absensi
dari fitur AC double blower yang tidak ada pada seluruh model mobil ini.
Meskipun Nissan telah mengakali dengan blower AC yang cukup besar pada bagian
depan dan memiliki ventilasi kaki pada konsol tengah, Jangan harap hembusan AC
akan sejuk sampai ke bagian paling belakang. Celakanya justru penggunaan blower
AC yang besar di bagian depan itu malah membuat penumpang depan masuk angin
lantara terlalu kencang meskipun AC di putar dengan kecepatan yang paling
rendah.
Sehingga
menurut hemat saya, jika anda ingin membeli Nissan Grand Livina hendaklah tidak
berharap banyak dengan kursi baris belakang. Anggap saja anda membeli sedan 5
penumpang dengan bonus kursi penumpang dadakan pada bagian belakang. Untungnya
mobil ini memiliki kursi belakang yang dapat dilipat rata dengan lantai dengan
mudah, sehingga ruang bagasi menjadi sangat besar untuk menampung barang bawaan
anda. Nilai tambah bagi Grand Livina, Nissan memberikan bonus sebuah TV mounted
yang dapat memutar DVD, MP3, USB dan SD card reader untuk memutar musik. Soal
entertainment dalam kabin Nissan memang jagonya.
Plus:
·
Kenyamanan
: kesenyapan kabin, suspensi
·
Mesin
1.500 cc bertenaga, paling irit dikelasnya, sangat minim getaran dan suara
·
Pengendalian
seperti sedan
·
Sistem
audio dengan TV mounted
·
Kursi
belakang dapat dilipat rata lantai
Minus:
·
Kursi
belakang sempit
·
Ukuran
Bagasi bila kursi terbuka
·
AC
yang terlalu kencang
·
Belum
double blower
·
Sempit
3.
Suzuki Ertiga
Suzuki
Ertiga ini sebenarnya mirip-mirip dengan Nissan Grand Livina, memiliki suspensi
monokok dan penggerak roda depan. Hanya saja untuk ukuran dimensi mobil ini
lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan Nissan Grand Livina. Mobil ini pada
pengendaraannya tidak ubah layaknya Toyota Avanza, bantingan suspensi juga
mirip-mirip. Hanya saja sedikit lebih nyaman dan lebih mantap karena
menggunakan sasis monokok.
Masuk
ke dalam kabin mobil ini tentunya anda akan jatuh cinta dengan modelnya yang
manis. Instrumentasi mobil ini dibuat sedemikian rupa oleh Suzuki untuk
mengambil hati calon pembelinya. Menurut saya untuk masalah dashboard mobil ini
memiliki model paling cantik. Kursi Suzuki Ertiga juga cukup nyaman dan paling
tebal dikelasnya. Tapi yang paling saya suka dari mobil ini ialah pintu tengah
yang sangat panjang memudahkan penumpang keluar masuk, terutama model kursi
yang tidak perlu dilipat untuk masuk ke bangku baris ketiga, hanya cukup
digeser maju saja.
Tapi
tetap saja mobil ini memiliki kekurangan, yaitu pada bangku baris ketiga. Sama
seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil ini memiliki headroom yang
sangat rendah sehingga penumpang yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm akan
mentok dengan plafon, tapi ini lebih parah dibandingkan dengan Toyota Avanza.
Tapi kekurangan tersebut dapa diakali dengan cara duduk yang tidak begitu
tegak. Kekurangan yang kedua, mobil ini tidak dilengkapi dengan varian AC
double blower. Padahal di India tersedia tipe AC Double Blower untuk Ertiga,
sehingga penumpang belakang akan terasa panas dibandingkan bagian depan. Yang
terakhir mobil ini hanya tersedia dalam tipe transmisi manual saja. Lucu ya,
padahal kini mobil matic lebih laris dibandingkan dengan manual. Jika saja
ketiga kelemahan itu diperbaiki oleh Suzuki, sepertinya saya akan cenderung
memilih Ertiga dibandingkan Avanza.
Plus:
·
Pengendalian
dan suspensi yang cukup baik
·
Pintu
tengah yang besar
·
Kursi
belakang dapat dilipat rata lantai
·
Model
interior
·
Fitur
Minus:
·
Kursi
belakang sempit dan headroom sedikit
·
Ukuran
Bagasi bila kursi terbuka sempit
·
Belum
double blower
·
Tidak
tersedia varian otomatis (AT)
4.
Daihatsu Luxio
Mobil
ini merupakan jawaban atas Suzuki APV yang sudah menguasai pasara mobil
keluarga berbentuk Van di Indonesia. Mobil ini sebenarnya merupakan Daihatsu
Gran Max yang diberikan tampilan luar dalam yang lebih mewah dan mendapatkan
improvisasi dengan per belakang model keong (Gran Max model per daun) dan
tersedianya transmisi otomatik (AT).
Masuk
ke dalam interior Luxio, lupakan interior Daihatsu Gran Max yang kaku dan
suran. Mobil ini memiliki door trim, jok, paduan warna yang ceria dengan nuansa
beige dan kayu gelap untuk tipe X. Bahkan kita merasa mobil ini sepertinya
tidak ada hubungan darah dengan Van Gran Max. Bahkan menurut saya interior
Luxio jika dibandingkan dengan Evalia masih lebih mewah Luxio. Hanya saja model
eksterior Luxio tidak secantik Evalia.
Mobil
ini memiliki rasa pengendaraan yang berbeda dibandingkan Avanza, Livina atau
Ertiga. Tapi sebelas-duabelas dengan Evalia dan Suzuki APV. Untungya meskipun
sama-sama memiliki mesin dibawah, Mobil ini tidak berasa setinggi APV. Bicara
tentang dimensi, mobil ini memiliki dimensi paling besar dibandingkan
mobil-mobil sekelasnya, bahkan lebih besar dari APV dan Kijang Innova. Model
Boxy dan head room yang tinggi juga dapat menyulap mobil ini dari mobil
keluarga menjadi mobil barang yang sangat besar. dari segi penumpang juga
begitu, Bahkan jika kita mau memaksakan, bangku baris tengah dan belakang mampu
memuat 4 orang sekaligus.
Luxio
sendiri sebenarnya bukanlah mobil perkotaan tulen meskipun sudah memiliki
transmisi otomatis. Kekurangan mobil ini ialah suspensi yang cukup keras jika
penumpang di dalamnya hanya sedikit. Kelembutan Suspensi Luxio dapat dirasakan
ketika penumpang penuh sama seperti Suzuki APV. Oh iya bicara tentang APV,
Luxio jauh lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan Suzuki APV. Tetapi
masalah performa sepertinya belum bisa mengalahkan mobil pabrikan Jepang
berlogo S tersebut. Kekurangannya lagi saya tidak suka model kursi depan mobil
yang memiliki mesin dibawah, tipis dan kaku. Hal minus lainnya Luxio memiliki
plat bodi yang tipis, terutama ketika menutup pintu geser akan terasa sekali
betapa kalengnya mobil ini.
Plus:
·
Interior
paling besar
·
Mesin
1.500 cc yang irit dan bandel
·
Pintu
geser
·
AC
Double Blower
·
Bagasi
luas
Minus:
·
Kursi
depan kaku dan tipis
·
Mesin
dibawah jok
·
Bodi
kaleng
·
Suspensi
keras jika diisi sedikit penumpang
5.
Suzuki APV / Mitsubishi Maven
Mobil
ini merupakan mobil Van MPV yang pertama di Indonesia. Mobil ini telah
mengalami facelift untuk model interior dan eksterior sehingga lebih mewah
dibandingkan dengan model sebelumnya. APV ini sangat luas, memiliki kursi-kursi
yang cukup nyaman pada bagian depan dan belakang, selebihnya mobil ini seperti
saya mengomentari bagaimana Daihatsu Luxio. Tapi sayang, mobil ini belum
dilengkapi dengan pintu geser dan jarak dari ruang penumpang ke tanah sangat
tinggi, jika anda tidak berhati-hati bisa-bisa anda terjatuh.
Secara
pribadi saya telah membawa mobil ini untuk jarak jauh dan tidak menemukan
kendala berarti selama perjalan. Mobil ini memang dikenal bandel mesinnya
mengingat mesin APV merupakan mesin Suzuki Carry 1.500 cc yang diberikan
improvisasi sehingga memiliki tenaga yang lebih besar. Namun untuk ukuran
sebuah MPV 1.500 cc, mobil ini cukup boros.
Mobil
ini cukup asik juga di pengaturan tata suara, Suara bass dan treble yang
dihadirkan di mobil ini tergolong bagus dibandingkan dengan mobil sekelasnya.
Plat bodi mobil ini juga cukup tebal meskipun suara mesin masih masuk ke dalam
kabin ketika berakselerasi.
Plus:
·
Interior
luas
·
Mesin
1.500 cc yang bandel
·
AC
Double Blower
·
Bagasi
luas
·
Suara
Audio
·
Ketebalan
bodi
Minus:
·
Kursi
depan kaku dan tipis
·
Boros
·
Mesin
dibawah jok
·
Terlalu
tinggi
·
Suspensi
keras jika diisi sedikit penumpang
6.
Nissan Evalia
Bicara
tentang Nissan Evalia, sebenarnya Nissan Evalia ini merupakan produk global
untuk mobil Van komersial seperti untuk angkut barang dan taksi. Maka jangan
heran kalau melihat spesifikasi mobil ini masih menggunakan per model daun
(leafspring) karena memang mobil ini di desain untuk mengangkut beban berat. Di
Indonesia mobil ini dibuat lebih mewah dengan menambahkan fitur-fitur canggih
seperti camera belakang, Mounted monitor yang dapat memutar DVD, MP3 AUX, USB
dan radio.
Nissan
Evalia merupakan mobil pertengahan antara mobil Van seperti Luxio, APV dan
mobil MPV dalam kota seperti Avanza, Ertiga dan Livina karena mobil ini
memiliki bodi sebuah Van, namun model letak mesin yang berada di depan bukan
dibawah jok. Sehingga anda tidak perlu mengeluh lagi akan model kursi depan
yang tidak nyaman karena kaku dan tipis.
Meskipun
begitu, mobil ini masih punya beberapa kelemahan seperti interior yang lega
tapi tidak selega Luxio dan APV, juga model AC Double Blower yang berada di
samping penumpang belakang seperti AC Fortuner dan Pajero Sport generasi
pertama. Selebihnya untuk masalah suspensi, pengendalian dan lainnya masih
serupa dengan mobil Van lainnya tapi sedikit lebih mantap, suspensi juga
mewajibkan Nissan Evalia harus diisi penuh untuk menjadi nyaman.
Nissan
Evalia ini sebenarnya cukup fenomenal, karena Nissan Indonesia menjuluki mobil
ini sebagai smart family MPV karena memadukan antara kecanggihan teknologi
melalui fitur-fitur namun juga masih bisa diajak untuk menjadi mobil travel
atau pembawa barang. Mesin yang digunakan juga sama seperti Nissan Grand
Livina, Tetapi tidak perlu menyamakan performa mesin dan konsumsi bahan bakar
Nissan Evalia dengan Grand Livina. Tentunya Evalia lebih boros dan tidak dapat
berakselerasi seperti Nissan Grand Livina mengingat bentuknya yang jauh lebih
besar, lebih berat dan rasio gigi yang lebih rendah untuk menjaga kemampuan
mobil ini di tanjakan. Meskipun begitu mobil ini masih masuk ke dalam kategori
hemat bahan bakar kok.
Plus:
·
Interior
luas
·
Mesin
1.500 cc yang irit dan senyap
·
Bagasi
luas
·
Fitur
·
Pintu
geser
Minus:
·
letak
AC double blower
·
Per
daun pada roda belakang
·
Kaca
tengah tidak bisa dibuka
·
Suspensi
keras jika diisi sedikit penumpang
6) Rekomendasi, apakah sudah
tepat strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda dan
setujukah saudara bahwa penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L dapat
menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara keseluruhan?
Indomobil Group yang merupakan mitra dari PT Nissan Motor
Indonesia bersama-sama pada tanggal 5 April 2007 secara resmi meluncurkan
produk terbarunya dikelas Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Nissan Grand
Livina. Kendaraan MPV medium untuk tujuh penumpang (7-seater) ini menggunakan
mesin 1,5 L dan 1,8 L Grand Livina didesain dan dirancang khusus untuk memenuhi
kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang spesifik, yang merupakan
produk andalan utama untuk kategori mobil keluarga di kelas Multi Purpose
Vehicle (MPV) yang
harganya terjangkau (di bawah Rp. 200 jutaan).Strategi Nissan dalam peluncuran produk barunya untuk segmen berbeda terasa tidak akan seheboh saat pertama peluncuran Grand Livina tahun 2007. Tetapi setiap ada mobil baru yang dikeluarkan suatu pabrikan manapun dan berapapun harganya, pasti terjual di Indonesia yang notabene masyarakatnya cenderung konsumtif dan suka pamer / tidak membeli sesuai dengan kebutuhan tetapi hanya karena keinginan / bagusnya produk tersebut.
Penambahan varian Grand Livina SL 1,5 L tidak akan menciptakan persepsi yang merugikan bagi produk-produk Nissan secara keseluruhan karena Nissan tidak membuat persepsi bahwa Mobil Nissan adalah mobil mahal atau mobil untuk kalangan menengah atas, tetapi bervariasi. Ada yang memang ditujukan untuk kalangan menengah atas seperti : Nissan Murana, Elgrand, Serena, XTrail, Teana. Tetapi ada yang ditujukan untuk kalangan menengah bawah, seperti: Nissan March, Evalia dan Grand Livina. Managemen Nissan hanya memberikan persepsi bahwa Brand Nissan membawa kualitas produk yang sangat baik.
terima kasih mas broww,,,atas informasi nya ini,,saya merupakan pengguna Nissan Grand Livina dan seperti yang anda sampaikan "Tak ada gading yang tak retak" tapi saya sampaikan saya cinta Nissan Grand Livina dengan semua plus minus nya, salam kenal
BalasHapuspontianak 25 mei 2013