Selasa, 11 Desember 2012

Benefit Produk Asuransi di Masa Mendatang

Asuransi merupakan suatu istilah yang di gunakan sebagai bagian dari tindakan untuk melindungi diri dari berbagai macam risiko, karena seperti yang kita ketahui risiko bisa menimpa siapa saja tidak mengenal usia dan status seseorang, Risiko tersebut bisa saja berupa sakit, sakit kritis, bahkan sampai terjadinya kematian. Bila sudah terjadinya risiko tersebut tentunya akan mengakibatkan bebrapa kerugian yang akan di derita baik itu kerugian diri sendiri maupun keluarga yang di tinggalkan.

Manfaat asuransi Merupakan suatu tindakan yang bisa kita ambil untuk mengurangi beban risiko yang mungkin kita hadapi tanpa kita duga, sedangkan pengertian asuransi secara umum asuransi merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melindungi diri, jiwa raga bisnis maupun finansial dari berbagai risiko, risiko tersebut bisa berupa, sakit, kecelakaan, kerusakan, kehilangan hingga kematian, dengan mengetahui Manfaat asuransi secara dini maka beban risiko yang di tanggung akan terasa lebih ringan.

Asuransi merupakan suatu perjanjian antara kedua belah pihak dalam hal ini antara nasabah dan perusahaan asuransi, dimana pihak nasabah akan melakukan perajanjian dengan cara mengikat diri kepada pihak penyedia asuransi dengan menerima asuransi premi untuk menerima penggantian atas beberapa risiko seperti kerusakan, kehilangan, sakit hingga kematian, premi asuransi merupakan salah satu manfaat asuransi yang bisa di terima oleh nasabah asuransi, pihak nasabah yang menyalurkan risikonya disebut Tertanggung, sedangkan pihak yang menerima risiko tersebut ( penyedia layanan asuransi ) di sebut sebagai penangung.

Dari sisi sosial, manfaat asuransi terhadap masyarakat sangatlah besar. Dengan menolong masyarakat menghadapi dan mengelola risiko secara efektif, asuransi memberi kontribusi yang besar bagi hidup kita. Asuransi meningkatkan standar-standar yang ada dengan memberikan tekanan terhadap faktor-faktor yang mungkin menyebabkan ketidakamanan. Menurut Association of British Insurers, Asuransi memberikan lima keuntungan strategis secara tidak langsung (indirectly) pada masyarakat, yaitu: a) kebebasan dari hal yang dapat merusak struktur aset dan kewajiban seorang individu maupun bisnis; b) keamanan di rumah dan tempat kerja dari ancaman kecelakaan, perampokan, kebakaran dan bahaya alam; c) Kesehatan yang lebih baik dari investasi tambahan pada biaya medis dan penekanan pada rehabilitasi; d) kekayaan melalui dukungan terhadap semangat enterpreneur, inovasi dan pengambilan risiko; e) fleksibilitas dengan adanya kesesuaian dengan kondisi individu dan menghasilkan hidup ekonomi dan sosial yang tidak terlalu tergantung pada tindakan pemerintah.

Rendahnya penetrasi industri asuransi dalam perekonomian nasional amat sangat disayangkan. Mengingat perekonomian yang tidak ditopang oleh pasar asuransi yang sehat rentan terhadap risiko bisnis maupun risiko yang mengancam kehidupan penduduk. Utamanya, dalam perubahan iklim yang amat sangat mungkin menyebebabkan bencana berkelanjutan, pemerintah perlu melakukan wake-up call, agar warganya mulai menyadari pentingnya melakukan manajemen asuransi dengan mendaftarkan hartanya untuk polis asuransi yang sesuai. Besar harapan bahwa struktur sektor keuangan di Indonesia pada tahun mendatang akan didukung oleh pilar asuransi yang semakin kuat, mengakar sehingga mampu melaksanakan perannya dengan efektif.

Kesadaran untuk melakukan manfaat asuransi dalam manajemen risiko individu maupun organisasi membutuhkan usaha dari semua pihak, baik itu pihak asuransi, pemerintah, maupun organisasi yang berkepentingan terhadap stabilitas nasional, termasuk masyarakat itu sendiri. Melalui pemaparan di atas, kita mengerti bahwa asuransi menawarkan keuntungan ekonomi yang penting dimana begitu banyak kegiatan dan kondisi yang mengandung risiko potensial dan memerlukan mekanisme yang tepat untuk mengelolanya.

Sebagaimana dikatakan di awal tulisan ini, hampir semua kegiatan ekonomi mengandung unsur risiko. Kita memiliki banyak cara yang khusus untuk menangani dan mengelolanya. Namun demikian, risiko yang besar, seperti yang dihadirkan oleh bencana alam dan berbagai kejadian akibat perubahan iklim, asuransi telah menyediakan pengumpulan (pooling)  dan pemindahan risiko yang relatif lebih terjamin.

 Melakukan manajemen risiko berarti merencanakan masa depan dengan lebih sistematis, matang dan terencana. Kita semua menginginkan jaminan keamanan, kemakmuran dan kesehatan. Untuk mencapai semuanya itu, kita perlu membayar harganya dengan melakukan investasi dan juga proteksi terhadap harta benda kita. Asuransi merupakan salah satu mekanisme yang telah terbukti ampuh dalam melindungi asset-aset paling berharga dari tiap individu. Memilih untuk berasuransi atau tidak adalah suatu pilihan. Kita mungkin tidak akan merasakan dampaknya sekarang. Mungkin setahun, dua tahun, lima bahkan sepuluh tahun kemudian kita baru menyadarinya. Bahkan mungkin pula, tanpa perlindungan, kehidupan kita akan tetap aman-aman saja. Semua bisa terjadi, tidak ada seorang pun yang tahu apakah risiko akan menjadi kenyataan atau tidak. Tetapi bagaimanapun, masa depan yang kita cita-citakan harus mulai dibangun dari detik ini juga. Dan berbicara masa depan, sangat erat kaitannya dengan kemampuan kita untuk mengelola risiko hari ini, esok, dan seterusnya.

Manfaat asuransi  merupakan suatu keharusan yang harus kita pahami bagaimana tidak karena hidup kita bisa saja berisiko, kita memiliki risiko atas diri kita sendiri, keluarga kita, bahkan harta benda kita, alangkah lebih bijaksana nya jika kita memperhitungkan setiap risiko yang akan kita hadapi dan hal tersebut dengan mempertimbangkan akan manfaat asuransi  atas dasar manfaat asuransi  inilah bermunculan berbagai macam layanan asuransi.

 Ada berbagai macam nilai dan manfaat dari asuransi seperti halnya auransi umum yang akan mengcover seluruh risiko hidup yang mungkin kita alami seperti risiko jiwa, asuransi kesehatan yang melindungi kita dari risiko serangan penyakit dan biaya pengobatan, dan asuransi yang berkaitan dengan risiko harta benda yang kita miliki, berdasarkan pengalaman hidup setiap manusia memilik salah satu risiko tersebut dan dengan risiko tersebut akan mengubah keadaan hidup seseorang, keadaan yang dari asalnya baik baik saja bahkan bahagia kepada keadaan sebaliknya yang sukar dan suram, apalagi beberapa kejadian dan keadaan yang biasanya di luar kendali kita sebagai manusia biasa seperti terjadinya kematian, kebakaran, banjir atau bahkan huru hara, tanpa pengendalian dan perencanaan yang matang maka keadaan tersebut tentulah akan membawa dampak hidup seseorang menjadi lebih suram, ketahuilah manfaat asuransi untuk menghindari hal tersebut

Manfaat asuransi yang Pasti Terjadi
Manfaat asuransi ini akan melindungi anda dari sesuatu hal yang pasti dan tidak bisa lagi kita hindari seperti kematian dan kematian setiap orang akan memiliki kedua risiko ini dengan mempertimbangkan kedua risiko yang pasti terjadi ini anda tidak akan menjadi beban untuk keluarga karena anda akan memiliki dana pensiun dan jika tiba waktunya kita dipanggil yang maha kuasa setidaknya kita meninggalkan harta warisan yang bisa bermanfaat untuk anak cucu kita.

Manfaat asuransi  Umum
Manfaat asuransi  ini sifatnya tidak pasti tapi bisa saja terjadi dan di luar kendali kita seperti kecelakaan, jatuh sakit, terjadinya pencurian, sampai terjadinya bencana, kesehatan merupakan sesuatu yang mahal harganya dengan mengikuti program asuransi maka anda akan mendapatkan nilai manfaat asuransi, dan harta benda merupakan suatu hal yang tidak gampang kita dapatkan sayang sekali jika kita harus tiba tiba kehilangan karena berbagai risiko tersebut dengan memiliki asuransi maka anda akan mendapatkan penggantinya sebagai manfaat dari asuransi.

Antara Manfaat asuransi dan Kerugian Yang Tidak Terduga
Kita ambil contoh dalam hal ini terjadi pada keluarga pak Anto dan  Pak Udin, pak udin dan pak anto bekerja di luar negri selama 7 tahun dan kemudian setelah mereka bekerja selama 7 tahun keduanya memutuskan kembali ke Indonesia dan membangun usaha sendiri, yang membedakan keduanya adalah pak anto memiliki kesadaran akan   Manfaat asuransi  maka selama pak anton bekerja di luar negri pak anto menyisihkan sebagian hartanya untuk asuransi, sedangkan pak udin tidak memiliki kesadaran akan pentingnya   Manfaat asuransi  singkat cerita suatu waktu tempat usaha mereka mengalami kebakaran dan semua harta benda nya pun habis terbakar. Pak udin mengalami tekanan yang sangat hebat karena usaha yang selama ini di bangun dengan hasil jerih payah dan bekerja di luar negri harus hilang dan hangus dalam sekejap karena sesuatu hal yang tidak kita inginkan yaitu kebakaran. Lain halnya dengan pak anto walaupun tempat usaha pak anto mengalami kebakaran yang menghanguskan semua modal usahanya tapi dengan asurani tersebut pak anto bisa mengklaim kepada perusahaan asuransi terkait dan itu merupakan salah satu ilustrasi dari betapa besarnya manfaat asuransi.

Untuk mendapatkan   Manfaat asuransi  ganda pak anton bisa mengasuransikan berbagai kelengkapan usahanya seperti asuransi untuk kendaraan bermotor seperti mobil atau motor atau bahakan pak anton bisa juga melindungi bangunanya dengan asuransi untuk mendapatkan nilai tambah dari   Manfaat asuransi  hal ini sangat berguna sekali selain melindungi bangunan dari risiko terjadinya kebakaran manfaat lain dari asuransi adalah untuk menutupi biaya perbaikan atau pembangunan kembali apabila bangunan tersebut mengalami kerusakan, selain itu pak anto juga bisa melindungi barang barang yang ada di tempat usahanya seperti peralatan elektronik lemari bahkan pakaian   Manfaat asuransi  ini bisa mengganti barang jika barang tersebut mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan.

Manfaat asuransi  juga bisa berfungsi sebagai pelindung selama kita melakukan perjalan jarak jauh seperti perjalanan ke luar negri baik itu untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan usaha yang bisa saja terjadi risiko, sebagai contonya jika kita berencana untuk pergi keluar negri untuk keperluan usaha dan tiba tiba rencana tersebut dengan terpaksa harus di batalkan karena sakit atau karena hal lain yang beralasan maka kita akan menerima   Manfaat asuransi  dengan mendapatkan perlindungan berupa penggantian dana perjalanan tersebut, bahkan kita bisa saja mengasuransikan barang barang yang kita bawa dan akan mendapatkan   Manfaat asuransi  tersebut jika barang tersebut rusak atau bahkan hilang.

Dalam hal ini Manfaat asuransi  bisa di asumsikan sebagai produk yang memberikan solusi keuangan yang berupa transfer risiko dari konsumen ke perusahaan penyedia sarana asuransi hal ini berbeda dengan tabungan yang fungsinya hanya sebatas menyimpan sebagai investasi di masa yang akan datang sedangkan asuransi berfungsi untuk mengganti dan melindung nasabah dari berbagai macam risiko yang bisa terjadi.

Melalui asuransi seseorang bisa memindahkan berbagai macam risiko keuangan kepada perusahaan asuransi terkait dengan efektif tapi tentu saja pembeli asuransi tidak mengharapkan mengalami berbagai macam risiko dan situsai yang merugikan tapi dengan asuransi tersebut setidaknya bisa mengurangi beban atas masalah keuangan.

Untuk mengasuransikan sesuatau ada beberapa hal dan criteria yang harus di penuhi yang bisa di singkat dengan LURCH yang artinya:
L  = Loss :  yang berarti sesuatu  yang di asuransikan harus yang berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kerusakan, kerugian atau kehilangan
U    =  Unexpected : tidak bisa di pastikan risikonya bisa benar benar terjadi atau tidakBisa habis atupun rusak karena di pakai
R     =  Reasonable : risiko yang dijaminkan masuk akal dan memiliki nilai yang wajar karena tidak mungkin kita mengasuransikan sebuah sendok yang harganya hanya Rp. 1000 tentu saja benda tersebut tidak memiliki nilai untuk di asuransikan karena biaya polis dan proses claim tentunya akan lebih mahal dari harga sendok itu sendiri.
C     = Catastrophic : supaya kita bisa mendapatkan   Manfaat asuransi  sesuatu yang di asuransikan harus bersifat insurable, risiko tersebut haruslah memiliki tingkat risiko yang besar seperti mengasuransikan rumah yang tinggal di pesisir pantai yang berisiko tertjadinya gelombang tsunami, atau seorang pembalap yang memiliki risiko terjadinya cacat karena kecelakaan hingga menimbulkan kematian
   =  Homogeneous : dalam hal ini berarti sama dalam sifat dan bentuk dengan arti kata apa yang kita asuransikan bernilai sama dengan biaya pertanggungan sebagai bahan pertimbangan apabila kerugian tersebut benar benar terjadi.

Perusahaan asuransi berfungsi sebagai alat untuk mengelola berbagai macam risiko dan hal ini merupakan salah satu manfaat asuransi, asuransi biasanya memiliki ketetapan jangka waktu perlindungan yang bisa di sesuikan dengan kebutuhan, pada umumnya polis asuransi bersifat tahunan bahkan beberapa polis asuransi menetapkan jangka waktu yang lebih panjang  dan ada juga penyedia polis asuransi dengan jangka waktu yang lebih pendek seperti halnya asuransi perjalana ( travel insurance ) sesuaikanlah   Manfaat asuransi  sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat asuransi  bisa membantu perkembangan ekonomi suatu masyarakat asuransi bisa menjadi suatu alat yang sangat efisien untuk menggerakan perekonomian rakyat,melalui industri asuransi masyarakat bisa menukar suatu risiko dengan harga yang sebanding asuransi memiliki kontribusi yang sangat tinggi untuk perkembangan suatu perekonomian rakyat . Manajemen risiko merupakan suatu langkah yang harus di ambil untuk membangun suatu perekonomian karena hal tersebut menanamkan asas ganti rugi yang biasanya terjadi dalam dunia bisnis.

Semakin besar kesadaran masyarakat akan   Manfaat asuransi  maka akan semakin meminimalisir risiko yang akan terjadi dalam dunia industri, dan mengurangi keterpurukan yang terjadi akibat risiko yang terjadi, menjadikan industri yang kuat dan bangun setelah terjatuh karena keterpurukan karena risiko yang terjadi, bukan hanya itu saja program asuransi mampu membantu pemerintah dalam hal pembangunan suatu daerah jika daerah tersebut hancur karena suatu bencana, seperti halnya Negara jepang yang cepat sekali bangkit setelah di terjang tsunami ini karena Negara tersebut memiliki kesadaran yang tinggi akan manfaat asuransi.

Untuk menjalankan roda bisnis, Manfaat asuransi  dan fungsi investasi, perusahaan asuransi akan membangun asset yang di terima dari nasabah yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan sehingga dana tersebut akan lebih produktif dan pada saat bersamaan perusahaan asuransi memiliki kemampuan untuk membayar claim setiap nasabahnya pada saat nasabah tersebut mengalami risiko. Peranan perusahaan asuransi memberikan pelayanan tentang manajement risiko dan melakukan penilaian terhadap berbagai macam potensi kerusakan, kehilangan, kesehatan yang bisa saja terjadi baik yang terjadi secara individu maupun secara kelompok atau company.Hal ini menjadikan    Manfaat asuransi  sebagai sarana untuk mengurangi kerugian yang di sebabkan oleh dampak risiko.

Dengan memahami akan begitu besarnya   Manfaat asuransi  mudah mudahan kita semua bisa disadarkan akan betapa pentingnya manajemen risiko yang suatu saat menghampiri dan mengintai setiap manusia melalui asuransi kita sama sama berharap bisa menjadi suatu Negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang tinggi, dan industri yang kuat yang mampu bangkit kembali setelah terjatuh .

Asuransi  Solusi Risiko Sakit Dan Kematian

Sakit menyebabkan ketidakmampuan bekerja sedangkan untuk menghasilkan uang kita harus bekerja dan jika hal tersebut sudah terjadi maka tidak terpenuhinya setiap kebutuhan bila seseorang tersebut sudah memiliki tanggungan baik itu anak atupun istri tentunya ini akan mengakibatkan kerugian juga bagi keluarga ( anak atupun istri).

Risiko lain yang pasti kita alami dan tidak bisa kita hindari adalah kematian, setiap orang pasti akan menghadapi kematian hanya saja masalah waktu yang tidak kita ketahui kapan kematian tersebut akan menghampiri dalam konteks ini kita bicara mengenai risiko dan bila kematian tersebut kita alami tanpa adanya persiapan tentunya akan memberikan dampak kerugian bagi diri sendiri maupun bagi orang yang kita tinggalkan terutama anak dan istri, bayangkan jika seorang kepala keluarga yang mempunya banyak tanggungan dia memiliki istri dan beberapa anak yang harus mereka nafkahi apa yang terjadi jika hal tersebut terjadi?… tentunya ini akan memberikan dampak penderitaan bagi anak dan istri yang kita tinggalkan.

 Asuransi  merupakan suatu solusi untuk menghadapi berbagai macam risiko tersebut terutama dampak risiko yang ditimbulkan akibat sakit, sakit kritis maupun risiko kematian. Dengan  Asuransi  tersebut setiap orang akan lebih terlindungi dari berbagai macam risiko yang mungkin saja kita hadapi, setiap orang yang memiliki Asuransi akan mendapatkan jaminan berupa pertanggungan yang bisa berupa nilai tunai yang telah di sepakati bersama antara pihak perusahaan (Penanggung) dan pihak nasabah (Tertanggung).

Jika sudah seperti itu  Asuransi  akan memberikan manfaat bagi setiap nasabah yang mengalami berbagai risiko seperti sakit, sakit kritis ataupun risiko kematian, manfaat tersebut akan di terima jika nasabah tersebut mengalami risiko kesehatan dan akan di terima oleh hak waris dalam hal ini istri atupun anaknya jika mengalami kematian dalam hal ini di harapkan akan mengurangi beban nasabah atupun keluarga yang di tinggalkan.
      
       Bersama ini merupakan Contoh Manfaat asuransi bila dipandang dari sudut pandang setiap COB (Class of Business) / jenis produk asuransi :

ASURANSI PROPERTI

Sebagai contoh suatu saat pasangan suami istri membeli rumah dengan harga 500 juta, pasangan tersebut memahami jika saja terjadi sesuatu seperti kebakaran atau rumahnya hancur karena bencana maka hal tersebut akan membawa kehancuran secara finansial karena tidak mungkin mendapatkan kembali rumah tersebut dengan cepat karena rumah tersebut di beli dengan tabungan mereka selama berpuluh puluh tahun karena pasangan tersebut memahami akan Manfaat asuransi maka pasangan tersebut mengasuransikan rumahnya dengan harapan jika suatu saat terjadi risiko maka pasangan tersebut akan mendapatkan premi asuransi sebagai ganti atas kerusakan rumah yang terjadi akibat bencana yang tidak terduga.

Sebagian besar orang tidak memahami akan besarnya Manfaat asuransi karena sebagian orang berpikir asuransi hanyalah suatu bentuk taruhan dan untung untungan, tapi jika kita bijak setidaknya kita selalu mempersiapkan diri akan segala risiko yang terjadi seperti contoh di atas tadi dengan mengetahui Manfaat asuransi tersebut setidaknya bisa mengurangi beban yang terjadi terutama beban masalah finansial.


ASURANSI KESEHATAN

Asuransi Kesehatan  menawarkan solusi kesehatan bagi siapa saja yang menginginkan pemeliharaan kesehatan dengan jaminan tunjangan berupa nilai tunai atau jaminan pembiayaan  yang bisa di dapatkan dari perusahaan Tertanggung atau perusahaan asuransi, tunjangan atau nilai tunai tersebut bisa didapatkan jika seorang nasabah mengalami berbagai risiko kesehatan.

Setiap orang bisa saja mengalami berbagai risiko termasuk risiko sakit / terganggunya kesehatan Asuransi Kesehatan  akan menjamin setiap risiko yang di alami nasabahnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berobat / melakukan pemeliharaan kesehatan bagi sebagian orang biaya rumah sakit merupakan biaya yang bisa saja menyebabkan kebangkrutan tidak jarang setiap orang menjual berbagai macam asetnya seperti sawah, tanah, kendaraaan bahkan sampai rumah jika hal tersebut masih kurang maka dia akan melakukan pinjaman hanya untuk menutupi biaya rumah sakit yang begitu besarnya.

Tentunya kejadian tersebut tidak satu orangpun yang menghendaki tapi seperti yang kita ketahui risiko bisa saja menimpa siapa saja termasuk sakit, jika anda memiliki Asuransi Kesehatan  tentunya semua itu tidak akan terjadi karena dengan memiliki asuransi kesehatan, kesehatan anda akan lebih terjamin karena dengan mendapatkan nilai tunai dan jaminana pembiayaan rumah sakit anda sudah terbebas dari kebangkrutan, karena anda tidak perlu lagi menjual asset yang selama ini anda kumpulkan selama berpuluh puluh tahun.

Asuransi Kesehatan  bisa saja termasuk dalam perencanaan keuangan atau finansial planner dalam hal ini antisipasi keuangan seseorang yang tidak ingin mengalami kebangkrutan hanya karena di sebabkan oleh masalah kesehatan, tentu saja ini harus di persiapkan karena seperti kita ketahui untuk masalah kesehatan dan pembiayaan rumah sakit sangatlah besar, untuk biaya rawat inap saja per malam seorang pasien bisa menghabiskan ratusan ribu rupiah hanya untuk biaya rawat inap satu malam saja belum obat obatan kunjungan dokter dan lain lain, belum lagi jika masalah kesehatan tersebut berupa sakit kritis yang pada umumnya membutuhkan biaya pengobatan yang nilainya bisa mencapai ratusan juta, jika seseorang tidak memiliki Asuransi Kesehatan  tentu untuk mendapatkan uang sebanyak itu dia harus menjual asset yang dia miliki, tapi lain halnya dengan seseorang yang memiliki Asuransi Kesehatan  dia tidak perlu menjual berbagai asset yang dia miliki karena perusahaan Asuransi Kesehatan  akan menanggung itu semua, perusahaan Asuransi Kesehatan  akan menjamin berapa pun biaya yang dibutuhkan sesuai dengan kontrak polis yang berlaku.

Asuransi Kesehatan atau Menjual Aset
Hidup merupakan sebuah pilihan begitu juga dengan memiliki Asuransi Kesehatan  jika anda menginginkan jaminan akan kesehatan dan pembiayaan rumah sakit anda bisa merencanakan untuk membeli asuransi kesehatan, tapi jika anda menganggap anda memiliki kemampuan untuk menanggung semua beban yang akan timbul di karenakan biaya rumah sakit berarti anda termasuk orang yang menerima risiko, dan jika anda termasuk golongan yang tidak menginginkan risiko dengan menjual asset yang ada maka anda bisa mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan asuransi kesehatan.

Tindakan, kebijakan dan keputusan anda di masa sekarang menentukan masa yang akan datang . Jika anda menginginkan ketenangan dan terbebas dari rasa khawatir maka alangkah lebih baiknya anda mulai memikirkan dan merencanakan untuk memiliki asuransi kesehatan, karena letak kebahagian sesungguhnya adalah perasaan terbebas dari rasa khawatir jika anda sudah merasa terbebas dari rasa khawatir maka anda termasuk golongan yang bahagia. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam hal perencanaan keuangan yang lebih baik.


ASURANSI JIWA

Manfaat asuransi Jiwa  pada saat sekarang ini banyak sekali yang mulai merasakan dan sadar akan manfaatnya, hal ini di karenakan situasi dan keadaan hidup yang semakin tidak pasti dan berisiko baik itu risiko akan keselamatan kerja, kesehatan bahkan sampai risiko jiwa, dengan memahami nanfaat asuransi jiwa  maka kehidupan seseorang akan lebih terlindungi.

Peranan perusahaaan asuransi jiwa tentunya turut mendorong akan kesadaran masyarakat terhadap manfaat asuransi jiwa, dengan begitu banyaknya perusahaan penyedia layanan asuransi selalu mengingatkan masyarakat akan pentingya asuransi jiwa dan membuat hal tersebut tidak tabu lagi untuk di bicarakan, kesadaran tersebut biasanya tidak lepas dari seorang tenaga agent atau pemasar asuransi yang telah memberikan penyuluhan dan edukasi terhadap pentingnya asuransi jiwa.

Bagi sebagian orang membicarakan asuransi merupakan sesuatu hal yang tabu dan tidak layak untuk di bicarakan bahkan sebaghian lagi merasa alergi dengan yang namanya asuransi, tapi semua itu bisa kita pahami karena kuranya pemahaman masyarakat akan pentingnya manfaat asuransi Jiwa  dan asuransi yang lainnya sedangkan sebagian orang lagi terutama yang fanatik dengan agama agama tertentu menganggap asuransi tersebut hanyalah membuat kehidupan seseorang bergantung pada asuransi dan sama saja dengan menggadaikan jiwa dan kehidupannya bukan pada tuhannya, disis lain banyak juga orang yang mulai sadar akan manfaat asuransi Jiwa  dan asuransi yang lainnya sebagai bagian dari perlindungan yang bisa di manfaatkan untuk mengurangi risiko yang terjadi karena setiap nasabah asuransi akan mendapatkan perlindungan dan biaya pertanggungan pada saat nasabah tersebut mengalami beberapa risiko.

Kesalahan pandangan masyarakat akan asuransi jiwa itu suatu hal yang kurang baik karena hidup ini terlalu berisiko untuk di lalui begitu saja, memang risiko itu tidak ada satu orang pun yang tau tapi setidaknya kita sudah menyiapkan jika hal tersebut terjadi selain faktor ke hati hatian dalam bertindak di perlukan juga biaya untuk mengcover semua beban yang di timbulkan dan itu semua hanya  bisa didapat dengan menjadi nasabah asuransi jiwa, asuransi jiwa biasanya berfungsi untuk melindungi jiwa dari berbagai macam risiko yang mengancam akan keselamatan jiwa hingga menyebabkan kematian.

Coba kita pikirkan berapa besar biaya yang harus kita keluarkan jika seandainya kita mengalami kecelakaan yang mengharuskan kita untuk di rawat di rumah sakit tidak sedikit yang mengeluhkan akan besarnya biaya yang harus di tanggung karena di rawat di rumah sakit, dan bayangkan jika anda memiliki polis asuransi dan jika anda mengalami kecelakaan dan mengahruskan di rawat di rumah sakit dengan biaya yang sangat besar bahkan sampai ratusan juta kini anda tidak perlu dan tidak sampai menjual harta benda anda seperti rumah sawah ataupun mobil karena semuanya di tanggung oleh asuransi jiwa, dan bahkan jika sesuatu hal yang terburuk sekalipun hingga menimbulkan kematian setidaknya kita meninggalkan warisan untuk keluarga dan anak cucu kita tercinta bukankah itu sesuatu hal yang baik yang bisa kita lakukan dengan meninggalkan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk orang orang terkasih dan dengan seperti itu kita akan sama sama merasakan betapa besarnya akan Manfaat asuransi Jiwa. 

ASURANSI PENDIDIKAN ANAK

Polis Asuransi Untuk Pendidikan Anak – Apabila ada seseorang yang bertanya kepada anda, investasi apa yang paling berharga? Apakah itu investasi berupa property, surat berharga, emas atau tanah? Investasi paling berharga di mata para orang tua adalah anak. Anak yang pandai, sholeh dan berbakti merupakan idaman para orangtua. Sebagai orang tua yang baik tentu tidak ingin cita-cita anak anda untuk menggapai hari esok tidak tercapai karena biaya yang tidak mencukupi.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa biaya pendidikan semakin mahal, karena semakin lengkap fasilitas pendidikan yang disediakan maka uang sekolahnyapun semakin mahal. Sementara memilki kemampuan yang lebih menjadi suatu keharusan apabila ingin berkompetensi dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif.

Dengan memiliki Polis asuransi pendidikan berarti orangtua berupaya untuk memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Karena tidak selamanya orangtua bisa membiayai pendidikan anaknya. Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi kedepan, berita asuransi pendidikan bisa dijadikan ibaratnya payung yang kita sediakan sebelum hujan. Asuransi pendidikan bisa dijadikan alternatif bagi para orangtua yang ingin menjamin masa depan pendidikan anaknya.

Pada saat ini asuransi pendidikan sudah banyak dijual oleh perusahaan asuransi, tergantung kita untuk memilih asuransi pendidikan dari perusahaan mana yang ingin kita ambil.  Polis Asuransi pendidikan tersedia dalam beberapa jenis pembayaran premi dan nilai pertanggungannyapun  dapat anda sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Asuransi pendidikan disebut juga dengan asuransi dwiguna, karena memberikan dua fungsi sekaligus yaitu fungsi perlindungan jiwa dan kepastian dana pendidikan bagi anak. Memberikan fungsi perlindungan jiwa disini artinya adalah apabila Orang Tua sebagai Tertanggung meninggal dunia atau mengalami Cacat Tetap Total di masa asuransi, maka premi asuransi pendidikan akan dibebaskan dan manfaat tahapan tetap dibayarkan sampai akhir kontrak. Sedangkan asuransi pendidikan disebut memberikan fungsi kepastian dana pendidikan karena Menyediakan kepastian dana pendidikan bagi anak secara fleksibel dimana manfaat dapat dibayarkan sesuai dengan usia dari anak yang bersangkutan.

Dengan demikian memiliki polis asuransi pendidikan merupakan hal yang sangat utama untuk memberikan jaminan kepastian terhadap masa depan anak, dan sebagai wujud perhatian dan cinta orangtua kepada anaknya. Besarnya premi dan nilai pertanggungan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan, jangan terlalu mengejar nilai pertanggungan yang besar jika premi yang harus dibayarkan tidak terjangkau, konsultasikan mengenai kebutuhan asuransi pendidikan anak ini dengan agen asuransi anda, agar didapatkan informasi asuransi lebih mendalam dan penjelasan yang lebih mendetail.

Berikut cara atau tips menentukan asuransi pendidikan yang tepat buat anak Anda:
1.    Tetapkan dana pendidikan dan kapan akan diperlukan. Menentukan jumlah dana pendidikan dari awal sangatlah penting. Hal ini akan menentukan kebutuhan besarnya manfaat jatuh tempo atau manfaat kematian dan jangka waktu polis.
2.    Pilih perusahaan asuransi yang murah. Pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan yang murah. Pertimbangkan berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan untuk disetorkan kepihak asuransi setiap tahunnya. Karenanya pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan dana lebih murah dan memberikan informasi asuransi secara bertahap.
3.    Pilih penarikan dana pendidikan yang fleksibel. Sebaiknya pilih polis (dana penarikan) yang memberikan fleksibelitas sehingga Anda secara bertahap dapat meningkatkan tabungan di masa depan. Jika Anda berencana menyekolahkan anak ke luar negeri, sebaiknya pilih polis yang memang bisa berganti uang misal ke dollar atau euro.
4.    Jangan menambahkan cakupan yang tidak perlu. Banyak perusahaan asuransi pendidikan yang menawarkan banyak pilihan tambahan. Misalnya perawatan rumah sakit, pembedahaan dan penyakit kritis. Sebaiknya berhati-hatilah dengan hal ini karena penambahan tersebut bisa mempengaruhi jumlah tabungan Anda. Jadi, hiraukan saja penawaran tersebut.


KESIMPULAN :

Menurut pandangan saya, kesadaran masyarakat untuk berasuransi saat ini masih kurang walaupun di Indonesia telah banyak berdiri perusahaan – perusahaan asuransi, sebagian masyrakat masih merasa terbebani dengan kewajiban premi asuransi yang harus dibayarkan tiap bulannya, karena masih terkesan seperti buang- buang uang padahal biaya kebutuhan hidup sehari-hari semakin meningkat.

Produk asuransi memiliki banyak variasi dan manfaat, yang paling umum adalah asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan tabungan investasi. Besaran premi yang akan dikenakan kepada pemegang polis asuransi pun bervariasi tergantung beratnya risiko yang dipertanggungkan ke perusahaan asuransi. Semakin berat risiko yang ditanggung maka semakin mahal premi yang dikenakan, semakin ringan risiko yang ditanggung maka semakin murah premi yang dikenakan.

Asuransi ibarat payung yang kita siapkan sebelum hujan, dimana manfaat dari produk asuransi yang dibeli akan diperoleh saat dibutuhkan, dan menghindarkan kita dari kesulitan ekonomi. Disinilah tantangan bagi perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia untuk menyebarkan informasi  asuransi sebanyak mungkin agar masyarakat semakin sadar akan manfaat jaminan asuransi.

Perusahaan asuransi bukanlah perusahaan sosial, tetapi komersial sehingga tujuan perusahaan asuransi adalah menghasilkan keuntungan / profit sebanyak-banyaknya untuk kepentingan stakeholder. Oleh karena itu Perusahaan asuransi wajib memiliki data yang akurat perihal frekuensi dan severity atas setiap risiko yang ingin ditawarkan untuk di-cover kepada masyarakat. Nilai premi haruslah terdiri dari beberapa komponen, misalnya:
1.    Dana cadangan klaim untuk membayar setiap klaim yang diprediksi mungkin terjadi,
2.    Dana cadangan klaim untuk membayar setiap klaim yang terjadi di luar prediksi perusahaan asuransi,
3.    Dana operasional : gaji karyawan,  Untuk asuransi kendaraan bermotor, misalnya, rate
4.    Profit perusahaan

Asuransi adalah perlindungan dari musibah. Yang dilindungi adalah kemampuan finansial kita, karena asuransi menjamin mengalihkan tanggung jawab kita untuk membayar nilai kerugian yang terjadi akibat timbulnya suatu musibah yang kita alami kepada perusahaan asuransi. Dengan memiliki asuransi, hidup kita menjadi semakin pasti dan tidak was-was tidak mempunyai uang untuk membayar nilai kerugian yang terjadi akibat timbulnya suatu musibah yang kita alami suatu saat nanti. Tidak akan ada lagi cerita menyedihkan seperti:
-      Tidak dapat membayar biaya rumah sakit apabila mengalami kecelakaan atau sakit (Asuransi Kesehatan / Personal Accident)
-      Tidak dapat memperbaiki kendaraan yang rusak akibat tabrakan karena tidak mempunyai uang simpanan (Asuransi Kendaraan Bermotor - Casco)
-      Harus debat kusir di tengah jalan, baik karena merasa diri benar atau sekedar supaya tidak diminta mengganti kerugian pihak yang telah kita rugikan, atau mungkin sampai harus berakhir di dalam penjara akibat tidak punya uang untuk memberikan ganti rugi kepada pihak yang kita tabrak (Asuransi Kendaraan Bermotor - TPL)
-      Harus membeli lagi pesawat / kapal laut karena pesawat / kapal laut yang kita miliki telah hancur / tenggelam bersama tuntutan ganti rugi finansial yang dibuat oleh pihak keluarga dari penumpang yang meninggal karena menaiki pesawat / kapal laut kita yang mengalami kecelakaan / musibah tersebut (Asuransi Aviasi / Marine Hull)

Asuransi Bukan Bisnis Tukang Tipu
Terasa tidak mungkin Perusahaan Asuransi dapat memenuhi janjinya untuk membayar ganti rugi atas suatu kecelakaan / musibah yang mungkin terjadi apabila hanya dengan membayar Premi Rumah Rp. 290.000, Perusahaan Asuransi berjanji untuk membayar Rp. 500.000.000. Uang dari mana? Pasti Perusahaan Asuransi hanya Janji-janji Palsu saja. Mungkin memang benar bila kita sebut: “Asuransi adalah Bisnis Tukang Tipu”.

Apalagi apabila merujuk kepada bisnis asuransi kerugian / umum, katakanlah Masa efektif jaminan asuransi adalah 1 tahun. Apabila tidak terjadi kecelakaan / musibah selama 1 tahun, berarti bila kita masih membutuhkan jaminan asuransi, maka kita diminta untuk memperpanjang jaminan asuransi 1 tahun lagi dengan membayar premi lagi. Bila memang sampai kita mati tidak pernah terjadi kecelakaan / musibah, maka sama saja kita menghabiskan uang hanya untuk diberikan kepada Perusahaan Asuransi, tanpa adanya timbal balik.

Pada prinsipnya asuransi adalah suatu sistem tanggung renteng atau pemberian ganti kerugian kepada anggotanya yang tertimpa musibah yang mana uang penggantiannya berasal dari setiap premi asuransi semua anggota yang nilainya kecil / tidak signifikan, tetapi bila semua premi tersebut bila digabungkan dapat menjadi sekumpulan dana yang besar yang mampu untuk membantu anggotanya yang mengalami musibah. Perusahaan asuransi hanya sebagai operator saja, sebagai sarana / tempat mengumpulkan uang premi setiap anggota / nasabah yang nantinya akan digunakan untuk membantu setiap anggota / nasabah yang mengalami musibah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar